PENGGUNAAN METODE DIRECT SELLING DALAM PEMASARAN PRODUK SOFTWARE DI PT. GRANDISHA BINA KARYA

Ananda Aliffirsya'ban, Yona Tamara Selvi, Yunanda Agung

Abstract


PT. Grandisha Bina Karya memiliki unit usaha yaitu Software House yang diberi nama “Disoft Solusindo” bergerak dalam bidang pembuatan aplikasi desktop, android dan website yang telah membuat produk berupa aplikasi software sejak tahun 2020 awal dan telah berbadan hukum pada 12 Januari 2023. Meskipun perusahaan ini masih baru namun sudah membuat beberapa produk di antaranya yaitu, Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Balai Jaring (SIAP BAJA), Sistem Informasi Perkantoran Dan Penjualan (KODAI), Aplikasi Rintisan Layanan Kesehatan Bagi Remaja Indonesia (HALOGABUJ) dan Aplikasi Sahabat Jantung Koroner (SAJAKO). PT. Grandisha Bina Karya yang bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Balai Jaring, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat turut mengantarkan SIAP BAJA (Sistem Informasi Administrasi kePendudukan BAlai JAring) dalam penilaian kelurahan inovatif Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023, Kelurahan Balai Jaring memperoleh predikat juara 1 dengan SIAP BAJA sebagai salah satu andalannya. Sebagai perusahaan Software House yang bersaing dengan perusahaan Software House lain, SIAP BAJA bisa menjadi power promotion namun, pihak manajeman PT. Grandisha Bina Karya menyadari bahwa perlu adanya media untuk dapat mengenalkan dan mempromosikan produk secara efektif dan tentu saja dengan biaya yang relatif lebih murah. Hal tersebut akan tercapai apabila di dukung oleh strategi pemasaran yang baik, karena berperan penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan. Metode pemasaran yang dipakai oleh PT. Grandisha Bina Karya yaitu direct selling.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. F., & Hasti, N. (2018). Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web. https://doi.org/10.34010/jati.v8i1.911

Andrew Hutagalung, G., Keizerina Devi, T., & Harianto, D. (2022). Tanggungjawab Produsen Terhadap Kerugian Atas Produk Yang Dijual Melalui Sistem Penjualan Langsung (Direct Selling) Secara Multi Level. https://www.kompasiana.com/ayus

Dhany, D., Srikandi, P., & Kadarisman Hidayat, K. (2016). Pengaruh Kompetensi Komunikasi Terhadap Direct Selling Serta Dampaknya Pada Volume Penjualan (Survei Pada Seller Tupperware Pt. Vinivici Prima Lestari Di Surabaya). Dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 31, Nomor 1). www.bisniskeuangan.kompas.com

Dwi, G. B. P., Mukodi Mukodi, & Kamaluddin Mabruri Zuniar. (t.t.). Analisis Pembelajaran Membaca Puisi melalui Metode Demonstrasi bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Pacitan. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN. Diambil 24 September 2023, dari http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/573

Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7p Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar (Vol. 6, Nomor 1). https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.120

Ersa, V., Mulyadi, ;, ; R., & Kartika, S. (2021). Pengaruh Direct Selling terhadap minat beli pada produk PT Surya Sentosa Primatama-Daihatsu Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(1).

Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Dalam SALIMIYA (Vol. 1, Nomor 2). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

Kurnianti, D., & Muthohar, M. (2023). Strategi Pemasaran yang Efektif: Kombinasi Teknik Direct Marketing dan Indirect Marketing dalam Meningkatkan Penerimaan Aplikasi Genius HR. Technologia, 14. http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i3.11384

Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada Tokopedia.com. 2(1). https://jesik.web.id/index.php/jesik/article/view/43/0

Saputra, D., Raras Setyoningrum, N., & Zuhry. (t.t.). Perbandingan Teknologi System Software, Application Software, Embedded Software Dan Web Applications.

Syafitri, S. (2021). Penerapan Strategi Direct Selling Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Pada Bisnis Madhising Pinrang (Etika Bisnis Islam). http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2532

Wardiana, W., Disampaikan Pada Seminar, ), Pameran, D., Informasi, T., Pusat, P., Informatika -Lembaga, P., Pengetahuan, I., Komplek, I., Cisitu, L. J., & Bandung, S. (t.t.). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia * ).

Yulia Muniar, A. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Penilaian Kinerja Dosen Pada STMIK Akba. http://dx.doi.org/10.35585%2Finspir.v3i2.39


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Business and Technology Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Business Technology Journal e-ISSN: P-ISSN: