HEALTH EDUCATION KEPADA IBU BALITA DALAM PEMANFAATAN PELAYANAN SDIDTK (STIMULASI DETEKSI INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG) UNTUK PENCEGAHAN PERMASALAHAN TUMBUH KEMBANG DAN GIZI BALITA

vina novela

Abstract


          Menurt profil kesehatan Indonesia tahun 2017 dalam upaya pemeliharaan kesehatan anak ditunjukan untuk mepersiapkan generasi akan datang yang sehat, cerdas daan berkualitas serta untuk menurunkan angka kematian anak. Kegiatan stimulasi, deteksi dn intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang balita yang menyeluruh dan terkoordinasi diselenggarakan dalam bentuk kemitraan antara keluarga  (orang tua, pengasuh anak dan anggota keluarga lainnya), masyarakat ( kader, tokoh masyarakat, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat, dan sebagainya) dengan tenaga professional (kesehatan, pendidikan dan sosial), akan meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak usia dini dan kesiapan memasuki jenjang pendidikan formal. Indikator keberhasilan pembinaan tumbuh kembang anak tidak hanya meningkatnya status kesehatan gizi anak tetapi juga mental, sosial dan kemandirian anak berkembang secara optimal.  (RI, 2016).

Menurut data Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi cakupan terendah kunjungan SDIDTK terdapat diwilayah kerja Puskesmmas Tigo Baleh hanya (41,3%), kurang nya peran petugas kesehatan dalam memberikan penyuluhan tentang mamfaat SDIDTK bagi balita , serta kurang nya pengetahuan ibu dalam pemantauan tumbuh kembang balita melatar belakangi untuk perlu dilakukan pendidikan kesehatan , tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui pengaruh health education terhadap kunjungan SDIDTK yang bermamfaat dalam memantau tumbuh kembang balita. Kgiatan Dulakukan Di Posyandu wilayah Kerja Puskesmas Tigo Baleh dengan responden sebanyak 20 orang Ibu balita yang hadir. Hasil kegiatan di evaluasi dengan metode pre test dan post test. Dimana pengetahuan ibu sebelum diberikan Health education  adalah 4,35 sikap 33,65 dan rata-rata pengetahuan sesudah dilakukan Kegiatan Health education 10,85 sikap 39,15 . Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa pemberian health education dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap Ibu Balita mengenai manfaat dari pelayanan SDIDTK sebagai wahana untuk pemantauan tumbuh kembang dan pemantauan status Gizi balita sehingga harapan kedepannya tenaga kesehatan selalu memberikan pendidikan kesehatan kepada Ibu Balita disaat kegiatan Posyandu sehingga dapat secara optimal meningkatkan Kunjungan Posyandu dan Pelayanan SDIDTK agar angka gizi kurang dan gangguan atau keterlambatan tumbuh kembang pada anak dapat di deteksi sedini mungkin.

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Fadila. 2017. Pengetahuan dan motivasi kader dalam menerapkan deteksi tumbuh kembang anak di posyandu puskesmas kapulang .Vol 6 No 2 ISSN 2685-3469.

Armini, Gusti Ayu, Sriasih. 2017 Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi

,Balita, dan anak prasekolah, Yogyakarta: ANDI

Astuti, Esyuananik. 2016 Asuhan Kebidanan

Neonatus,Bayi,Balita, dan Anak Prasekolah Pusdik SDM

Kesehatan: Astuti dkk.

Aji, Erna Kusuma, Soetiyowati.2016. analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pola asuh ibu balita dikabupaten banyumas. Vol 8 No 1 Hal 115.

Dinkes Kesehatan Sumbar. 2017. Profil Dinas Kesehatan Tahun 2017. Sumatera Barat : Dinkes

Dinkes Kota Bukittinggi. 2017. Profil

Dinas Kesehatan Kota

Bukittingi. Bukittinggi : Dinkes

.

RI, k. (2016). Stimulasi deteksi Dini Tumbuh kembang. Jakarta: https://books.google.co.id/books?id=EYwlEAAAQBAJ&lpg=PA1&ots=hn8-WcqtuJ&dq=Kemenkes.%202016%2C%20Stimulasi%2C%20Deteksi%20Dan%20Intervensi%20Dini%20Tumbuh%20Kembang%20Anak%20Jakarta%3A%20Kemenkes%20RI&lr&pg=PA1#v=onepage&q&f=false.

RI, K. (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: Kementrian Kesehatan republik Indonesia.

.2016 Info Datin situasi kesehatan anak balita di Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI

. 2018. Hasil Utama Riskesdas

Nurwegha, B. F. (2014). pengaruh pendidikan Kesehatan tentang Srimulasi Perkembangan anak usia 0-3 tahun terhadap pengetahuan dan sikap orang tua. jurnal Ners dan kebidanan Vol 1 no 1.

Prasidah, dkk.2015.pengaruh penyuluhan tentang KPSP terhadap pengetahuan di paud taman belia semarang. ISSN 24079189 University Research Coloquim 2015

Riski, Dian. 2016. Analisis kinerja petugas pelaksana stimulasi deteksi interrvensi dini tumbuh kembang (SDIDTK) Balita dan anak prasekolah di wilayah kerja puskesmas keramasan. Vol. 7 No 3. ISSN2346- 7089.

Rahim, fitri kurnia. 2014. Faktor resiko underweight balita umur 7-59 bulan. Vol 9. No 2. ISSN 26853507.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402