SENAM JANTUNG SEHAT GUNA MENINGKATKAN KESEHATAN TUBUH DENGAN MEDIA LEAFLET PADA IBU-IBU KELOMPOK SENAM COMERA

dina ediana, Abdi Iswahyudi Yasril, Henny Arwina Bangun, Etika Melsyah Putri

Abstract


Kegiatan Sosisalisasi Senam Jantung sehat merupakan suatu upaya untuk memperkenalkan dan mengembangkan tingkat pengetahuan masyarakat khususnya kelompok ibuk-ibuk senam Comera tentang arti pentingnya hidup sehat/kesehatan/kebugaran bagi ibuk-ibuk kelompok senam comera  masyarakat Koto marapak kelurahan lambah kec.Ampek Angkek Kab.Agam. senam jantung sehat adalah olahraga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh.yang bertujuan (1) Masyarakat memiliki pengetahuan tentang manfaat senam jantung sehat, dapat meningkatkan kesehatan kebugaran melalui senam jantung, (2) meningkatkan hubungan sosial antar masyarakat khususnya kelompok ibuk-ibuk senam comera. Metode yang  digunakan adalah  kegiatan penyuluhan atau sosialisasi yang  disesuaikan  dengan analisis situasi dan kebutuhan khalayak sasaran. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dengan cara: (1) Pendekatan dan kerjasama dengan masyarakat khususnya ibuk-ibuk kelompok senam comera (2) Pengamatan ke tempat kegiatan senam berlangsung (3) Pengembangan meteri senam jantung Sehat. Pelaksanaan kegiatan ini mengambil tempat di daerah danau singkarak. Kegiatan sosialiasi ini akan di laksanakan 1kali pertemuan. Dari Kegiatan sosialiasi senam jantung sehat dilakukan dalam 1) Pemberian pengetahuan mengenai kesehatan/kebugaran dengan senam jantung sehat, 2) Manfaat senam jantung sehat 3) Memberikan keterampilan dalam pengelolaan materi tentang senam jantung agar menjadi kegiatan mingguan.


Full Text:

PDF

References


Anggara, Norma. 2018. “Pengenalan Senam Segar Sehat Ceria Pada Kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (Pkk) Komplek.” : 1–34.

Hardiyanti, Nuris Fitria. 2016. “Pemberdayaan Masyarakat Pelatihan Senam Jantung Sehat Di.” (April): 5–24.

Kenjeran Siti Aisyah, Hamil Di. 2016. “Laporan Kegiatan Penyuluhan Senam Sehat Untuk Ibu.” Repository.Um-Surabaya.Ac.Id: 1–21. Http://Repository.Um-Surabaya.Ac.Id/4323/1/3._Penyuluhan_Senam_Sehat_Untuk_Ibu.Pdf.

Mudayana, Ahmad Ahid, Marsiana Wibowo, And Erni Gustina. 2017. “Pelatihan Perancangan Media Promosi.” 1(2): 345–50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia

© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402