PROMOSI KESEHATAN TENTANG MINUMAN TRADISIONAL SEHAT PADA IBU HAMIL DI LAPANGAN KANTIN WIRABRAJA TAHUN 2021

shantrya dhelly susanty, Harry Ade Saputra

Abstract


Penggunaan bahan alam, baik sebagai obat maupun tujuan lain cenderung meningkat, terlebih dengan adanya isu Back to Nature serta krisis berkepanjangan yang mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat. Obat tradisional dan tanaman obat banyak digunakan masyarakat menengah kebawah terutama dalam upaya preventif, promotif dan rehabilitatif. Metode: Kegiatan yang digunakan dalam program pengabdian masyarakat ini berupa Promosi Kesehatan Tentang minuman tradisional sehat pada ibu hamil di Lapangan Kantin Wirabraja. Monitoring dan evaluasi diperoleh dari hasil observasi dan kuisioner yang diberikan kepada peserta. Hasil: Dari hasil monitoring kegiatan berjalan dengan baik dan lancar dimana terdapat faktor pendukung yaitu dukungan Masyarakat  serta farktor penghambat yaitu waktu dan ruangan. Dari hasil evaluasi menggunakan statistik uji-t dependen (berpasangan) terdapat perbedaan signifikan (ρ=0,000) antara sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Kesimpulan: Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Ada pengaruh promosi kesehatan terhadap pengetahuan masyarakat tentang minuman tradisional sehat bagi ibu hamil

Full Text:

PDF

References


lidar Yetti, 2017. Budidaya Tanaman Sirsak dan Manfaatnya untuk Kesehatan. JurnalAbdimas Mahakam. ISSN 2549-5755. Vol 1 Nomor 1.

Herdiana Dwi D., Utami R., Anandito Katri B.R., 2014. Kinetika Degradasi Termal Aktivitas Antioksidan Pada Minuman Tradisional Wedang Uwuh Siap Minum

Jurnal Teknosains Pangan., Vol. 3., No. 3., Juli., 2014. ISSN: 2302-0733.

Gholib Djaenuddin. 2008. Uji Daya Hambat Ekstrak Etanol Jahe Merah (Zingiberofficinale Var. Rubrum) dan Jahe Putih (Zingiber officinale Var.

Amarum) terhadap Trichophyton mentagrophytes dan Crytococcucneoformans. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner..

BALITBANGKES. "Riset Kesehatan Dasar". Kementrian Kesehatan RI. 7th November 2018.

PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia

© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402