PENERAPAN MAKP: PRE-POST CONFERENCE DAN KOMUNIKASI SBAR DALAM HANDOVER DI RUANG RAWAT INAP RSUD M. NATSIR SOLOK

Imelda Rahmayunia Kartika, Rahmatika Dewi, Puti Rania Yulastari, Putri Marisha

Abstract


Profesionalisme perawat dalam bekerja dapat dilihat dari bagaimana perawat melakukan asuhan keperawatan dan metode komunikasi antar sesama perawat, sehingga perlu dilakukan desiminasi ilmu tentang Pre-Post Conference dan Komunikasi SBAR. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah agar perawat dan kepala ruangan mampu memahami, menganalisa dan menerapkan Pre-Post Conference dan komunikasi SBAR. Pelaksanaan kegiatan ini dialkuakn dengan ceramah dan diskusi serta role play langsung dalam waktu satu minggu di ruang rawat. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan kegaiatan MAKP di rauang berjalan optimal. 80% perawat melaksanakan dengan baik Pre-Post Conference dan komunikasi SBAR sesuai dengan SOP. Diharapkan setelah kegiatan ini, bagian mutu pelayanan dapat menjadikan SOP yang terstandar dalam pelaksanaan Pre-Post Conference dan komunikasi SBAR di ruang rawat inap.

penerapan MAKP, Pre-post conference, komunikasi SBAR, rawat inap

 


Full Text:

PDF

References


Asriani., Mattalatta., Betan, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) Terhadap Standar Asuhan Keperawatan dan Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Jurnal Mirai Management, 1, 1 – 14.

Keliat. B.A. 2006. Modul MPKP Jiwa UI . Jakarta : EGC.

Lubis, M. F. H., & Kamil, H. (2017). Pelaksanaan Komunikasi SBAR di Rumah Sakit Umum Daerah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1–8.

Mua, E. L., Hariyati, R. T. S., & Afifah, E. (2011). Peningkatan Kepuasan dan Kinerja Perawat Melalui Supervisi Kepala Ruangan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 14(3), 171–178. https://doi.org/10.7454/jki.v14i3.64

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 5. Jakarta; Penerbit Salemba Medika.

Perry, Potter. 2005 . Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC.

Swanburg, Russel C.2000. Pengantar Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Perawatan Klinis.Jakarta:EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402