PELATIHAN LITERASI KEUANGAN BAGI IBU PASANGAN USIA SUBUR DALAM MENGELOLA BELANJA KESEHATAN RUMAH TANGGA

Adila Solida, Dwi Noerjoedianto, Arnild Augina Mekarisce

Abstract


Sebagian besar keuangan rumah tangga dikelola oleh perempuan (ibu) namun tingkat literasi keuangan perempuan lebih rendah dibandingkan laki-laki sementara itu belanja kesehatan adalah salah satu alokasi pengeluaran rumah tangga yang harus dikelola ibu agar beban ekonomi akibat penyakit atau kebutuhan layanan kesehatan tidak menurunkan kemampuan keuangan rumah tangga. Terutama pada Pasangan Usia Subur (PUS) kebutuhan akan layanan kesehatan berbeda dengan kelompok usia lainnya karena perbedaan masalah kesehatan yang dihadapi. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberian edukasi pada ibu PUS dalam mengelola keuangan rumah tangga terkait belanja kesehatan melalui pelatihan literasi keuangan. Kegiatan ini dilakukan di Sengeti, Muaro Jambi diikuti oleh 30 peserta ibu PUS. Hasil pelatihan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan sikap ibu PUS terkait pengelolaan keuangan rumah tangga terutama dalam mengatur belanja kesehatan bagi keluarga. Kontribusi jangka panjang diharapkan pengaplikasian pelatihan literasi keuangan ini berdampak dalam menurunkan beban ekonomi rumah tangga dan pengembangan kebijakan puskesmas dalam pembiayaan kesehatan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Arofah, Anastasia Anggarkusuma, Yunastiti Purwaningsih, dan Mintasih Indriayu. 2018. “Financial literacy, materialism and financial behavior.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 5(4): 370–78.

Brilianti, Tirani Rahma, dan Lutfi Lutfi. 2020. “Pengaruh pengetahuan keuangan, pengalaman keuangan, dan pendapatan terhadap perilaku keuangan keluarga.” Journal of Business and Banking 9(2): 197–213.

Nugraheni, Wahyu Pudji, dan Risky Kusuma Hartono. 2017. “Determinan Pengeluaran Kesehatan Katastropik Rumah Tangga Indonesia Pada Tahun Pertama Implementasi Program JKN.” Buletin Penelitian Kesehatan 45(1).

Situmeang, Lena Elfrida, dan Budi Hidayat. 2018. “Pengaruh Kepemilikan Jaminan Kesehatan terhadap Belanja Kesehatan Katastropik Rumah Tangga di Indonesia Tahun 2012.” Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI 7(1).

Solida, Adila, Dwi Noerjoedianto, Arnild Augina Mekarisce, dan Fitri Widiastuti. 2021. “Pola Belanja Kesehatan Katastropik Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Kota Jambi.” Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI 10(04): 209–15.

Suryanto, Bondan Agus, Bambang Setiohadji, dan Yoni Syukriani. 2017. “The impact of national health insurance program on household health expenditures and utilization of health services in Indonesia.” Available at SSRN 2937140.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402