PELATIHAN FOTO PRODUK UNTUK UMKM BINAANSEKOLAHWIRAUSAHA ‘AISYIYAH BUKITTINGGI

Selvi Yona Tamara, Allans Prima Aulia, Fhajri Arye Gemilang, Hafiz Nugraha, Tri Andi Eka Putra, Reska Mayelfis, Widi Nugraha

Abstract


Pada saat pandemi COVID-19 dimulai sejak kwartal awal tahun 2020 di Indonesia telah menyebabkan banyaknya problematika, yang tidak hanya mengenai masalah kesehatan namun COVID-19 ini juga berdampak pada kehidupan sosial masyarakat, mulai dari pendidikan, sosial dan lingkup ekonomi. Kondisi pandemi selama satu tahun terakhir ini menuntut banyak terjadinya perubahan pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Perubahan ini dikenal sebagai new normal atau kebiasaan baru. Dampak ekonomi juga tentunya dirasakan oleh sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), yang menyebabkan terjadinya penurunan daya beli, komsumsi masyarakat dan juga kinerja produksi serta eksistensi dari UMKM sendiri. UMKM yang memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia mengalami penurunan dan kendala, terutama dalam hal aspek pembiayaan, penurunan penjualan,  masalah mendapatkan baham baku mentah dan masalah dalam hal distribusi barang. Hal ini kemudian ditambah dengan kebijakan pemerintah terkait protokol di new normal, dimana terdapat batasan dalam hal jumlah pengunjung dan waktu kunjungan.

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arsyad, A. (2011). Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011), h.3. 3.

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Faizi, F., Wulandana, N. P., Alya, A., & Lombu, A. A. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 137. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.510

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342

Implikasi, C.-, & Usaha, B. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 20(April).

Juliawan, I. W., Bawa, P. W., & Qondias, D. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 157–169. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.342

Muhyidin. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118

Pragholapati, A. (2020). Resiliensi Pada Kondisi Wabah Covid-19. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1–9.

Sari, W. P., & Irena, L. (2022). Komunikasi Visual Melalui Foto Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3), 633–642. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13271


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402