DEMONSTRASI CARA PEMASANGAN OKSIGEN DALAM BAHASA INGGRIS KEPADA ANGGOTA PMR MTsN 2 BUKITTINGGI

Mela Dina

Abstract


Pendidikan kesehatan dalam Bahasa Inggris merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dan pengetahuan kesehatan itu sendiri siswa. Materi yang dapat disampaikan dalam pendidikan kesehatan adalah tentang pemasangan oksigen. Pemasangan oksigen adalah tata cara pemberian bantuan oksigen pada seseorang yang memiliki masalah pernapasan pada paru-paru melalui saluran pernapasan dengan alat khusus. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatan pengetahuan siswa/i anggota PMR untuk membantu sesama dalam memberikan pertolongan pemasangan oksigen. Selain itu, mereka juga diharapkan untuk bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Kegiatan ini dilakukan di MTsN 2 Bukittinggi pada tanggal 15 Oktober 2022. Dalam kesempatan ini, mahasiswa program studi Ilmu Keperawatan menjelaskan materi tentang pengertian pemasangan oksigen, fungsi, alat-alat dan langkah-langkah pemasangan oksigen dalam memenuhi kebutuhan oksigen dalam bahasa Inggris. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan memperagakan kembali pemasangan oksigen yang mengikutsertakan semua siswa dengan harapan mereka paham tentang materi yang disampikan dengan baik. Diakhir kegiatan, diadakan sesi tanya jawab yang digunakan untuk melihat pehaman siswa/i terhadap materi yang disampaikan

Full Text:

PDF

References


Alimul & Uliyah. (2005). Buku Saku Praktikum Kebutuhan Dasar Manusia. EGC.

Asmadi. (2008). Konsep Keperawatan Dasar (Jakarta). EGC.

Broady, E. (2005). The Four Language Skills or “juggling simultaneous constraints” In James A, C & Jhon, K (Eds), Effective Learning and Teaching in Modern Language. Roultledge.

Depkes RI. (2005). Standart Pelayanan Keperawatan ICU.

Harahap, A. I. (2004). Terapi Oksigen dalam Asuhan Keperawatan. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara.

Mubarak, W. I. (2008). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia Teori Dan Aplikasi Dalam Praktik. EGC.

Sismiati & Latief, A. (2012). Developing Instructional Materials on English Oral Communication for Nursing School. TEFLIN Journal, 23(1), 44–56.

Suciati, N. L. (2010). Oxygent Therapy. Nursing Community PPNI Karangasem.

Wulandari, E., & Mandasari, Y. P. (2019). Penggunaan Video untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris Mahasiswa Bidang Studi Keperawatan. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 189–197.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402