RENDAHNYA PEMBERIAN TABLET FE PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI TARAB II KABUPATEN TANAH DATAR

Neila Sulung, Putri Rahmadani, Mila Sari, afra masinta, amelia novelina, fajriniati rahmadani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan di puskesmas, terutama pada pemberian Tablet Besi pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Tarab II, Tablet besi merupakan suplemen untuk menambah darah selama masa kehamilan dan laktasi. Hemobion  mengandung berbagai nutrisi, yaitu fefumarate, asam folat, vitamin b12, kalsium pantotenad, kolekal siverol, dan vit c. metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode MCUA sehingga dapat diketahui bahwa prioritas masalah adalah rendahnya Pemberian Tablet Besi pada Ibu Hamil dengan Target 80% yang hanya tercapai 68,6% dan terdapat GAP sebesar 11,4%.

Full Text:

PDF

References


Alza Y., Arsil Y., dan Restusari, L. 2017. Gambaran Asupan Zat Besi dan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Kecamatan Tualang. Poltekkes Kemenkes Riau. https://jurnal.pkr.ac.id/index.php/JPK/article/view/74/67. Diakses 22 Februari 2021

Aminah, S. 2016. Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang Tablet Fe di Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta. Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. http://repository.unjaya.ac.id/503/1/Siti Aminah_1112030_nonfull resize. pdf. Diakses 15 Mei 2021.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar.(2020).Profil Puskesmas Sungai Tarab. Tanah Datar: PKM Sungai Tarab II

Yuliasari, D., Sari, D. R., Agustia, E., & Puspita, M. (2020). Penyuluhan Tentang Manfaat Konsumsi Tablet Fe Bagi Ibu Hamil Di Dusun Sukajaya I Rt 01 & 02 Desa Kurungan Nyawa Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung Tahun 2020. Jurnal Perak Malahayati, 2(1), 45-50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402