PENGENALAN ANATOMI FISIOLOGI TUMBUHAN SEBAGAI PROGRAM PENGAJARAN EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SDIT DAMBAAN UMMAT PANINGGAHAN MENGENAI TUMBUHAN OBAT

yulia yesti, Oryza Sativa Fitriani, Nanda Nanda, Harry Ade Saputra, Billy Harnaldo Putra, Miming Andika, Rido Farnandi

Abstract



Anak-anak memiliki sifat ingin tahu yang cukup tinggi terutama pada anak-anak usia SD. Rasa ingin tahu tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan yang mereka miliki. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan dengan memberikan edukasi mengenai Pengenalan Anatomi Fisiologi Tumbuhan diantaranya yaitu Bagian-bagian Tumbuhan, Jenis-jenis Akar Tumbuhan dan Proses Fotosintesis yang terjadi pada Tumbuhan.Pengabdian ini dilakukan kepada anak-anak kelas IV dari SDIT Dambaan Ummat Paninggahan yang berjumlah 19 siswa. Kegiatan dievaluasi berdasarkan hasil survey terhadap 19 siswa dimana yang diukur adalah tingkat pemahaman siswa terhadap Anatomi Fisiologi Tumbuhan. secara garis besar siswa mengalami peningkatan pemahaman mengenai materi yang dipaparkan, mudahnya siswa memahami materi dibantu oleh media presentasi Dosen dengan adanya Video pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Anwar, R. K., Rizal, E., & Saepudin, E. (2015). Kemampuan Literasi Informasi Siswa tentang Apotek Hidup Berbasis Individual Competence Framework. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(1), 9–32.

Harniawati, D., Krisnawati, & Widya, T. Y. (2014). Edukatif tentang Penerapan Hidup Sehat pada Sekolah Dasar di Kediri Tocap (Toga Education Programs) Through Improving Educative Teaching For Implementing Of Healthy Life At Elementary School In Kediri. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS, 1084–1087.

Samiudin. (2017). Pentingnya Memahami Perkembangan Anak Untuk Menyesuaikan Cara Mengajar yang Diberikan. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 12(1), 1–9.

Valentina Meta Srikartika, Nurlely. "Pengenalan Tanaman Obat Sejak Dini Dengan Program Cinamon (Cinta Tanaman Obat Tradisional)." Pro Sejahtera (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat). Vol. 2. No. 1. 2020.

Zulyetti, D. (2019). Studi pengetahuan siswa terhadap jenis, khasiat dan cara pemanfaatan tanaman obat yang terdapat di lingkungan sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2, 122–132.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402