IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN REMAJA BERBASIS WEBSITE DI SMP N 1 BUKITTINGGI

Nita Tri Putri, Vitria Komala Sari, Hafiz Nugraha

Abstract


Remaja dengan rentang usia 10-19 tahun merupakan kelompok tersendiri yang berada pada periode transisi dari masa kanak-kanak ke dewasa. Di masa ini merupakan periode terjadinya pertumbuhan dan perkembangan pesat baik fisik, psikologis maupun sosial. Kelompok remaja dianggap sebagai salah satu kelompok usia yang paling sehat. Meskipun demikian, masih banyak kasus kematian, penyakit, cedera, stunting dan kondisi kesehatan lainnya pada masa remaja yang sebetulnya dapat dicegah maupun diobati. Untuk menanggulangi berbagai permasalahan yang terjadi pada saat remaja, perlu dilakukan Model Intervensi Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja berbasis sistem yaitu Gabuj ehealth. Berdasarkan implementasi yang dilakukan di SMP N 1 Bukittinggi, diperoleh bahwa masih banyak remaja yang kurang penduli terhadap pentingnya menjaga kesehatan seperti pada remaja putri mengalami gigi berlubang, magh, keputihan sedangkan pada remaja putra.... hal ini tentu menjadi perhatian kita bersama untuk memantau perkembangan remaja agar remaja tumbuh sehat sebagai pilar utama generasi penerus bangsa.

Full Text:

PDF

References


BKKBN. Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program (SKAP 2019) Remaja. Badan Kependud dan Kel Berencana Nas. 2019;1–272.

Ellysa. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. 2017.

Nuryati S. Hubungan Faktor Sosial Dan Kontrol Diri Dengan Perilaku AKktivitas Seksual Beresiko Kehamilan Tidak Di Inginkan Pada Remaja SMA di Kota Bogor. kebidanan. 2017;3.

Sommer M. Addressing Structural and Environmental Factors for Adolescent Sexual and Reproductive Health in Low- and Middle-Income Countries. Am J Public Health. 2015;105.

Permata sari I. Partners’ behavior as the main cause of domestic violence experienced by pregnant adolescents in Jakarta. J Public health Res. 2021;10.

Irwan. Etika dan Perilaku Kesehatan. 2017. 115–121

Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja Di Masa Pandemi COVID-19 : Bagi Tenaga Kesehatan Di Puskesmas.— Jakarta : Kementerian Kesehatan RI. 2020

Kasmir Makhdansalaf, Rizki Tri Prasetio. Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Konsultasi Berbasis Web (Tanyasehat). eProsiding Sistem Informasi (POTENSI), Vol. 2 No.1 Juni 2021.

WHO. (2016). From innovation to implementation: Optimizing long-term outcomes after TAVR. In Journal of the American College of Cardiology (Vol. 64, Issue 24). https://doi.org/10.1016/j.jacc.2014.10.0 08


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402