PELAKSANAAN PIJAT OKSITOSIN PADA IBU POST PARTUM DI RUANG KEBIDANAN RAWATAN RSUD PADANG PANJANG

Rini Amelia, Putri Fadila

Abstract


ASI Eksklusif merupakan pemberian ASI saja pada bayi usia 0-6 bulan tanpa memberikan makanan tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, dan air teh.). Masalah yang sering terjadi pada ibu nifas dalam menyusui salah satunya adalah ASI yang tidak lancar atau keluarnya hanya sedikit. Salah satu upaya untuk memperlancar produksi ASI yaitu dengan melakukan pijat oksitosin, karena dengan cara pijat oksitosin dapat merangsang sekresi hormon oksitosin sehingga dapat merangsang produksi ASI sedini mungkin (Handayani & Rustiana, 2020). Kegiatan pendidikan kesehatan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan pada ibu postpartum tentang ASI ekslusif dan manfaat pijat okitosin bagi ibu post partum. Kegiatan PKM ini dilakukan di ruang kebidanan rawatan RSUD Padang Panjang . Setelah dilakukan kegiatan penyuluhan pada klien dan keluarga diharapkan klien dan keluarga dapat mengetahui tentang ASI ekslusif dan manfaat pijat oksitosin


Full Text:

PDF

References


Doko, Tabita Mariana, Kun Aristiati, and Suhoryo Hadisaputro. "Pengaruh pijat oksitosin oleh suami terhadap peningkatan produksi ASI pada ibu nifas." Jurnal Keperawatan Silampari 2.2 (2019): 66-86.

Fadlliyyah, ulfi rizqi. Determinan faktor yang berpengaruh pada pemberian asi eksklusif di indonesia. Ikesma, 2019, 15.1: 37-42.

Fartaeni, fili; pertiwi, fenti dewi; avianty, ichayuen. Hubungan pengetahuan, sikap, dan dukungan suami terhadap pemberian asi eksklusif di desa pabuaran kecamatan gunung sindur. Hearty: jurnal kesehatan masyarakat, 2018, 6.1.

Harseni, rahmaliza. Hubungan faktor motivasi ibu terhadap pemberian asi eksklusif di puskesmas lapai kota padang. Jurnal bidan komunitas, 2019, 2.2: 89-95.

Lestari, rizki rahmawati. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian asi ekslusif pada ibu. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 2018, 2.1: 131-136.

Manurung, Herna Rinayanti. "Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Kelancaran ASI Pada Ibu Nifas Di Puskesmas Sitinjo Kabupaten Dairi Tahun 2019." Excellent Midwifery Journal 3.1 (2020): 69-78.

Nurainun, Elis, and Endang Susilowati. "Pengaruh Pijat Oksitosin terhadap produksi ASI pada ibu nifas: Literature Review." Jurnal Kebidanan Khatulistiwa 7.1 (2021): 20.

Sampe, anita; toban, rindani claurita; madi, monica anung. Hubungan pemberian asi eksklusif dengan kejadian stunting pada balita. Jurnal ilmiah kesehatan sandi husada, 2020, 11.1: 448-455.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402