PROMOSI KESEHATAN TENTANG POLA MAKAN YANG BAIK DALAM PENCEGAHAN STUNTING TAHUN 2023

Shantrya Dhelly Susanty, Abdi Iswahyudi Yasril

Abstract


Pendahuluan: Stunting pada anak disebabkan oleh beberapa faktor yang saling berhubungan di antaranya adalah faktor gizi yang terdapat pada makanan. Kualitas dan kuantitas asupan gizi pada makanan anak perlu mendapat perhatian oleh karena sering rendah akan zat gizi yang dibutuhkan guna menunjang pertumbuhan Metode: Kegiatan yang digunakan dalam program pengabdian masyarakat ini berupa Promosi Kesehatan Tentang bina keluarga balita . Monitoring dan evaluasi diperoleh dari hasil observasi dan kuisioner yang diberikan kepada peserta. Hasil: Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan Pola Makan Yang Baik bagi balita Dalam Pencegahan Stunting  yaitu Ada pengaruh sebelum dan setelah dilakukan promosi kesehatan terhadap pengetahuan tentang pola makanan  yang baik bagi anak dengan   (ρ=0,000), dimana terdapat kenaikan pengetahuan masyarakat dari rata-rata 1,40 menjadi 1,70,. Kesimpulan: Kegiatan program pengabdian masyarakat “Pola Makan Yang Baik bagi balita Dalam Pencegahan Stunting”, berjalan dengan baik dan lancar. Ada pengaruh (ρ=0,000) Promosi Kesehatan Tentang b Pola Makan Yang Baik bagi balita Dalam Pencegahan Stunting.

Full Text:

PDF

References


Adriani, Merryana, Bambang Wirjatmadi. 2014. Gizi dan Kesehatan Balita Peranan Mikro Zinc pada Pertumbuhan Balita. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Aguayo, V.M., and Purnima M. 2016. “Stop stunting: improving child feeding, women’s nutrition and household sanitation in South Asia”, Journal Maternal & Child Nutrition (2016), 12 (Suppl.1)

BALITBANGKES. "Riset Kesehatan Dasar". Kementrian Kesehatan RI. 7th November 2018.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 6ahun 2016 Bkkbn. 2018. “Peraturan Kepala Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional Tentang Pengelolaan Bina Keluarga Balita Holistik Integratif (Hi).” Bkkbn, Jakarta. Https://Jdihn.Go.Id/Files/241/Perka 12 2018_Opt.Pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402