SOSIALISASI PENDIDIKAN DALAM KEPERAWATAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL BAGI MAHASISWA

Erian Fatria, Febrian Rahmat Suwandi SN, Masyithah Fadhani

Abstract


Manusia merupakan bagian integral dari pendidikan, bila sistem dan fungsi pendidikan rusak tentu akan menimbulkan chaos dalam paradigma pendidikan kita yang bermuara pada krisis moral dan karakter peserta didik. Isu pendidikan karakter dan kecerdasan interpersonal (sosial) menjadi isu mutakhir dan pusat perhatian dunia saat ini. Bedasarkan analisis kebutuhan tersebut, tujuan dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecerdasan interpersonal mahasiswa keperawatan sebelum dan setelah diberikan sosialisasi mengenai pendidikan karakter dalam keperawatan dan isu kontemporer keperawatan. Metode pengabdian masyarakat ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan uji komparatif (beda) terhadap kecerdasan interpersonal mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan sosialisasi. Populasi target pengabdian masyakarat ini adalah seluruh mahasiswa kesehatan di Universitas Prima Nusantara Bukittinggi, sampel dalam pengabdian masyarakat ini adalah mahasiswa keperawatan yang berjumlah sebanyak 25 mahasiswa yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakuan dengan  memberikan pre-test dan post-test menggunakan instrumen penelitian kecerdasan interpersonal sebanyak  21 butir. Hasil yang didapatkan adalah terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal mahasiswa keperawatan sebelum dan setelah diberikan sosialisasi mengenai pendidikan karakter dalam keperawatan dan isu kontemporer keperawatan, sehingga kegiatan ini dapat diberdayakan dan dipertimbangkan dalam rangka menghadapi krisis moral dan karakter pada era revolusi industri 4.0.   


Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. (2010). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Banawi, Anasufi. (2009). Keefektifan Model Pembelajaran IPA Berbasis Karakter Dalam Meningkatkan Budi Pekerti Siswa Sekolah Dasar. S2 tesis, UNY.

Best, Brin. (2011). Strategi Pengajaran : Strategi Percepatan Belajar. Jakarta: Erlangga.

Chatib, Munif. (2013). Orangtuanya Manusia (Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghadapi Fitrah Setiap Anak). Bandung: Kaifa.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hoerr, Thomas. (2007). Buku Kerja Multiple Intelligence. Bandung: Pustaka Mizan.

Kristiawan, Muhammad. (2015). ”Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Pandai dan Berakhlaq Mulia”, Jurnal Ta’dib Vol. 18 No.1.

Muhtifah, Laili dan Ricka Tesy Muskania. (2017). ”Kerangka Konsep Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter Melalui PAI Berbasis ``Tarbiya Mukmin Ulul Albab”, Jurnal At-Turats Vol. 11 Nomor 1.

Musfah. (2011). Pendidikan Karakter : Sebuah Tawaran Model Pendidikan Holistik-Integralistik. Jakarta: Prenada Media.

Najib, dkk (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta. Gava Media.

Nursalam. (2008). Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Potter, P. A. dan Perry. A. G. (2005). Fundamental keperawatan konsep, proses, dan praktik Edisi 4. Alih Bahasa : Yasmin Asih dkk. Editor Devi Yuliani. Monica Ester. Jakarta: EGC.

Rosada. (2010). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS untuk Pengamalan Nilai Moral Siswa SMP I dan SMP VI di Mataram. S2 tesis, UNY.

Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligence. Jakarta: Kencana.

Supraptiningrum dkk. (2015). ”Membangun Karakter Santri Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 5 Nomor 2.

Triani, Yulis. (2015). Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa di SDN 3 Margomulyo Watulimo Trenggalek. S1 Skripsi, IAIN Tulung Agung.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. (2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM (Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif dan Menarik). Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Udik Budi. (2010). Pendidikan dari Dalam: Strategi Alternatif Pengembangan Karakter. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol 17, No.1.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402