PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA POSYANDU LANSIA

Debby Yolanda, Dwi Kurnia Septian, Putri Fadila, Watri Riska Putri

Abstract


Lanjut usia merupakan tahap paling akhir perkembangan pada kehidupan manusia yang di mulai dari usia 60 tahun hingga mencapai hampir 120 atau 125 tahun. Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui status kesehatan pada lansia. Metode kegiatan yaitu pemeriksaan tekanan darah dan gula darah pada lansia di Dusun Patalangan. Sasaran adalah Lansia di Dusun Patalangan. Hasil diperoleh sebelum dilakukan penyuluhan dan pemeriksaan didapatkan Lansia belum mengetahui tekanan darah, BB/TB, lingkar perut dan gula darah dan dampaknya terhadap Kesehatan lansia. Setelah dilakukan penyuluhan dan pemeriksaan didapatkan Lansia sudah mengetahui tekanan darah,BB/TB, lingkar perut dan gula darah dan dampaknya terhadap Kesehatan lansia. Pemeriksaan Status kesehatan yang meliputi tekanan darah dan pemeriksaan gula darah di Desa Patalangan Jorong Kapalo Koto didapatkan dari 46 orang lansia di dapatkan 5% Gula darah yang melebihi batas normal pada lansia Jorong Kapalo Koto Desa Patalangan.

Full Text:

PDF

References


Angraeni, Desi Suci. 2014. Hubungan antara Kinerja Kader Posyandu Lansia Terhadap Kepuasan Lansia. Fakultas Ilmu Keperawatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Badan Pusat Statistik. 2013. Statistik Penduduk Lanjut Usia. Jakarta: Badan Pusat Statistik BKKBN. 2014.

Bandiyah, Siti. 2009. Lanjut Usia dan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Nuha Medika

Buku Pegangan Kader Posyandu. 2016. Kebijakan Pembangunan Keluarga. Medan: BKKBN

Darmanto, Jendri, dkk. 2015. Hubungan Kinerja Kader Posyandu Lansia Dengan Motivasi Lansia Mengunjungi Posyandu Lansia. Jurnal Kesehatan, Volume 2. Nomor1.

Depkes RI. 2006. Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Depkes RI

Lansia. Jurnal Komunikasi, Volume 5. Nomor 1

Kumudaningsih, Dyah Ayu. 2014. Pelaksanaan Posyandu Lansia Melati Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Di Rw 01 Kelurahan Demangan Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Menuju Lansia Paripurna. Jakarta: BKKBN

Wadu’ud, Abdul & Tuti Bahfiarti. 2016. Pola Penyebarluasan Informasi Program Bina Keluarga Lansia (Bkl) Tentang Pemberdayaan Masyarakat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402