PKM PUSKESMAS LASI PELATIHAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) BERESIKO STUNTING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BIDAN DESA DI PUSKESMAS LASI TAHUN 2023

Shantrya Dhelly Susanty, Tri Andi Eka Putra, Rina Mariyana

Abstract


Puskesmas Lasi merupakan salah satu ujung tombak terdepan dalam pembangunan kesehatan di Kecamatan Candung. Permasalahan Prioritas adalah Pelayanan KIA & KB yang menyebabkan rendahnya deteksi keluarga beresiko stunting dan akan meningkatkan resiko kejadian stunting. Hasil wawancara dengan mitra atas permasalah didapatkan “Pelayanan kesehatan Ibu, Anak dan KB” yang terkait dengan desa lokus stunting adalah belum adanya data keluarga beresiko stunting.Untuk mengatasi masalah dilakukan kegiatan Pelatihan surveilans keluarga beresiko stunting pada bidan desa. Pengabdian ini dilakukan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi bidan desa untuk melakukan pendataan pemetaan SIG.. Subyek dalam pengabdian ini adalah kader wilayah puskesmas lasi yaitu terdiri 11 orang. Metode yaitu pelatihan dengan memberikan kuisioner sebelum dan sesudah. Hasil yang didapatkan adalah peningkatan kader mengetahui cara mengaplikasi kan dan  langkah Sistem Informasi Geografis tentang SIG peserta dari 24,3% menjadi 84,5%, untuk Meningkatkan kemampuan kader  untuk mengaplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan nilai sebelum diberikan pelatihan yaitu 20,5% dans setelah diberikan pelatihan adalah 87.2% . Kesimpulan adalah Setelah dilakukan Pelatihan SIG (Sistem Informasi Geografis)  didapatkan hasil adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari bidan desa untuk menggunakan aplikasi SIG (Sistem Informasi Geografis).


Full Text:

PDF

References


Mashar, S.A., Suhartono, S. and Budiono, B. (2021) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak: Studi Literatur’, Jurnal Serambi Engineering, 6(3), pp. 2076–2084. Available at: https://doi.org/10.32672/jse.v6i3.3119.

• Patimah, S. et al. (2023) ‘Komunikasi Informasi Motivasi dan Edukasi tentang Stunting kepada Keluarga Berisiko Stunting dan Calon Tim Pendamping’, Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), pp. 349–358. Available at: https://doi.org/10.33860/pjpm.v4i2.1715.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402