SOSIALISASI PERANCANGAN SISTEM KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PENDAFTARAN PASIEN IGD BERBASIS WEB DI RUMAH SAKIT UMUM AISYIYAH PADANG TAHUN 2024

Yulfa Yulia, Dian Sari, Mila Sari

Abstract


Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang memiliki permasalahan terkait kuesioner kepuasan pasien manual bahwa di sana pemberian penilaian kepuasan pelayanan pasien IGD masih manual.TujuaniPengabdian masyarakati inii untuki sosialisasi rancangan sistem kepuasani pasieni terhadapi pelayanani kesehatan pendaftaran pasien IGD berbasis web di Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang Tahun 2024 dan untuk memberikan pemahaman rancangan sistem tersebut. Pengabmas dilaksanakan selama 3 hari berturut turut pada bulan agustus 2024 dengan melibatkan 5 (lima) orang mahasiswa untuk membantu dalam pelaksanaan. Hasil uji coba dari rancangan menunjukan bahwa pada perancangan sistem informasi pengaduan pasien yaitu data sosial pasien, Alamat email, usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan serta pertanyaan dan jawaban kuesioner kepuasan pasien. Perancangan database menggunakani pemodelani visual UMLi dari useicase idiagrami dan activity iidiagram. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkani bahwai perancangani sistemi kepuasan pasien berbasisiiweb ini sudah isesuai idengan ikebutuhan irumahi sakiti dalami hali pengelolaan kepuasan pasien. Disarankan agar rancangan database dapat digunakan berkelanjutan di rumah sakit khususnya pada bagianlayananinformasi penangganan pengaduan.

Full Text:

PDF

References


Bappenas. (2010). Manajemen Pengaduan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik. Laporan Kajian, 1-174.

Farhans, M. I., Susanto, F. A., &... (2020). Rancang Bangun Aplikasi Layanan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Sukodadi Lamongan Berbasis Website. For Ummah (Ncu).Https://Conferences.Unusa.Ac.Id/Index.Php/Ncu2020/Article/View/659

Gobel, M., Mulyadi, N., & Malara, R. (2016). Hubungan Peran Parawat Sebagai Care Giver Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat Di Rsu. Gmibm Monompia Kotamobagu Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Keperawatan Unsrat, 4(2), 7. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Jkp/Article/Download/12881/12471

Heryana, A. (2015). Informan Dan Pemilihan Informan Dalam Penelitiankualitatif. Sistem Informasi Akuntansi: Esensi Dan Aplikasi, 1-14

Ilyas, M. M. (2017). Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Seminar Nasional Iib Darmajaya, 1(1), 477–486. Https://Jurnal.Darmajaya.Ac.Id/Index.Php/Psnd/Article/View/871

Maiyana, E. (2017). Perancangan Aplikasi Media Iskemasi Inkemasi Lowongan Kerja Perusahaan Bagi Pencari Kerja Bertusis Web. Jurnal Sas Di Formatika 3(2), 118, Hips/Doi.Org/10.222166312 2893.

Prasetia, I., & Sari, Y. (2020). Manajemen Pemeliharaan Gedung Berbasis Sistem Informasi (Studi Kasus Pada Pemeliharaan Toilet Di Kampus Fakultas Teknik Unlam). Universitas Lambung Mangkurat, July, 1-23.

Sinurat, S., Perangin-Angin, I. H., & Sepuh, J. C. L. (2019). Hubungan Response Time Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Penelitian Keperawatan, 5(1). Https://Doi.Org/10.32660/Jurnal.V5i1.330

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Jurnal Medicoeticolegal Dan ManajemenRumahSakit,6(1):9-15,Januari 2017, 6(1), 9–14. Https://Doi.Org/10.18196/Jmmr.6122.Kualitas

Waidah, D. F., & Hursali, S. (2020). Analisis Dan Desain Sistem Informasi Laporan Keuangan Spp Pada Kelompok Bermain Melati Desa Pangke Barat Di Kabupaten Karimun. Jurnal Tikar, 1(1).

Zakariah, M. A., Alfriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method, Research And Development. In Madani Media. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402