PENGARUH TERAPI PIJAT OKSITOSIN TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU YANG MEMPUNYAI ANAK USIA 0- 23 BULAN YANG MASIH MENYUSUI

Yelmi Reni Putri, Rizfa Aulia, Hafilah Sayfah, Suny Rahmawati, Sri Yunita Dewi Panjaitan

Abstract


ANGKA pemberian ASI ekslusif di Indonesia masih tergolong rendah.  Menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan 2017, pemberian ASI ekslusif di Indonesia hanya 35%. Angka tersebut masih jauh di bawah rekomendasi WHO (Badan Kesehatan Dunia) sebesar 50%.  Penyebab rendahnya pemberian ASI ekslusif  salah satunya adalah penurunan produksi ASI akibat kurangnya rangsangan oksitosin dan prolactin yang berperan dalam kelancaran produksi ASI, sehingga menyebabkan ASI tidak lancar. Untuk mengeluarkan ASI dibutuhkan upaya nonfarmakologis berupa pijat oksitosin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pijat oksitosin dengan jumlah air susu ibu di wilayah kerja Puskesmas Guguk Panjang,Kota Bukittinggi tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semua (Quasi Eksperimen) dengan rancangan one group pre dan post design suatu pengukuran dilakukan pada saat sebelum dan sesudah intervensi penelitian. Ada hubungan pemberian pijat oxitocyn dengan produksi asi ekslusif, ibu yang mendapatkan pijat oxitocyn berpeluang memproduksi asi 2-3 kali lipat dari pada ibu yang tidak mendapatkan pijat oxitocyn.


Full Text:

PDF

References


Rahayu, R. Y., & Sudarmiati, S. (2012). Pengetahuan Ibu Primipara Tentang Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Produksi Asi. Diponegoro Journal of Nursing, 1(1), 108–115.

Umbarsari, D. (2017). Efektifitas Pijat Oksitosin Terhadap Pengeluaran Asi Di Rsia Annisa Tahun 2017. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 1(1), 11–17. https://doi.org/10.33006/ji-kes.v1i1.47

Pilaria, E., Sopiatun, R., & Kunci, K. (2018). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi Asi Pada Ibu Postpartum Di Wilayah Kerja Puskesmas Pejeruk Kota Mataram Tahun 2017 The Effect of Oxytocin Massage on Postpartum Mother Breast Milk Production at Pejeruk Community Health Clinic of Mataram City in. Jurnal Kedokteran Yarsi, 26(1), 27–33.

Rahayu, D., & Yunarsih. (2018). Peningkatan Produksi ASI Dwi Rahayu * , Yunarsih * * Akademi Keperawatan Dharma Husada Kediri , email korespondensi : PE. Ners Community, 09, 8–14.

Faridah Hanum, S. M., Purwanti, Y., & Rohmah khumairoh, I. (2016). Efektivitas Pijat Oksitosin Terhadap Produksi Asi. Midwiferia, 1(1), 1. https://doi.org/10.21070/mid.v1i1.343


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402