PEMANFAATAN JUS WORTEL TERHADAP PENDERITA HIPERTENSI DI RT 002 RW 004 KELURAHAN TAROK DIPO KECAMATAN GUGUK PANJANG KOTA BUKITTINGGI

Nurdin Nurdin, nur syafrina

Abstract


Penyakit hipertensi merupakan penyakit kelainan pembuluh darah yang banyak ditemukan dalam masyarakat. Berdasarkan pengumpulan data di lapangan didapatkan jumlah penderita hipertensi di Kelurahan Tarok Dipo yaitu 284 orang (9 %). Salah satu terapi yang digunakan untuk mengobati hipertensi adalah terapi nonfarmakologi seperti jus wortel. Wortel memiliki kandungan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini adalah ingin mengetahui manfaat jus wortel  untuk tekanan darah penderita hipertensi. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Pre Eksperimental Design (Quasi Ekperiment) dengan rancangan Pre-test and Post-test. Analisis data dilakukan dengan uji Non Parametrik Wilcoxon. Berdasarkan uji statistik didapatkan nilai p sistolik dan diastolik subjek yaitu 0,007 (p˂0,05) dan 0,107(p>0,05) yang berarti ada pengaruh pemberian jus wortel terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan tidak ada pengaruh pemberian jus wortel terhadap penurunan tekanan darah diastolik. Setelah dilakukan kegiatan didapatkan bahwa ada manfaat jus wortel untuk menurunkan tekanan darah sistolik penderita hipertensi.

Katakunci: hipertensi,jus wortel

Full Text:

PDF

References


Haris, N.F. Pengaruh Pemberian Jus Wortel (Daucus Carota)Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Unit Budhi Luhur Kasongan Bantul Yogyakarta. Naskah Publikasi.

Parwanti,F.(2010),Efektivitas Konsumsi Juice Wortel Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Dusun Gedongsari Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta;Skripsi Program Pendidikan Ners-Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Tela,Irena. Pengaruh Pemberian Jus Wortel (Daucus Carota L.) Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada

Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Upk Puskesmas Pal Tiga Kecamatan Pontianak Kota.Naskah Publikasi.

Nisa, Intan. 2012. Ajaibnya Terapi Herbal Tumpas Penyakit Darah Tinggi. Jakarta : Dunia Sehat.

Ansar, Jumriani,Indra Dwinata dan Apriani.M.2019.Determinan Kejadian Hipertensi Pada Pengunjung Posbindu di Wilayah Kerja Puskesmas Ballaparang Kota Makassar.Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan.

Universitas Fort De Kock.2020.Buku Panduan Praktek Kerja Lapangan Terpadu(PKLt).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402