ANALISIS PELAKSANAAN KELAS IBU HAMIL DI MASA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI LIUK KOTA SUNGAI PENUH PROVINSI JAMBI

Nina Fitri, Sri Yuvita Sari

Abstract


ABSTRAK

Kelas ibu hamil merupakan sarana belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kelas ibu hamil di masa pandemi COVID 19 di wilayah kerja Puskesmas Sungai Liuk kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Eksploratif dengan pendekatan fenomenologi.Informan dalam penelitian ini sebanyak 20 orang.Dimana Pemilihannya secara purposivesampling.Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Juni – 3 Juli 2021.Analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, Penyajian, penarikan kesimpulan.Dari hasil penelitian diketahui kunjungan kelas ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Liuk mengalami penurunan.Pelaksanaan kelas ibu hamil tidak rutin.Ditemukan juga kurangnya sarana dan prasarana kelas ibu hamil antara lain matras, sound system, LCD, alat peraga seperti boneka, baju kangguru. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan ibu hamil tidak bervariasi, metode yang digunakan hanya metode kelompok dan ceramah, tidak menggunakan demontrasi, penugasan, simulasi dan curah pendapat. Terjadi penurunan kunjungan kelas ibu hamil, tidak rutinnya pelaksanaan kelas ibu hamil, keterbatasan sarana dan prasarana, metode yang digunakan dalam penyampaian materi tidak bervariasi.Diharapkan ibu hamil yang aktif mengikuti kelas ibu hamil dapat membantu mempromosikan kegiatan kelas ibu hamil kepada ibu hamil yang kurang aktif, sehingga diharapkan semua ibu hamil yang ada di wilayah Puskesmas Sungai Liuk mengikuti kelas ibu hamil.

Kata Kunci                :Kelas ibu hamil, Pelaksanaan, Pandemi Covid-19

References


REFERENSI

Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan data.

Ariestanti, Y., Widayati, T., & Sulistyowati, Y. (2020). Determinan Perilaku Ibu Hamil Melakukan Pemeriksaan Kehamilan (Antenatal Care) Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 10(2), 203–216.

Depkes RI. (2009). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil.

Dinas Kesehahatan Sungai Penuh. (2020). Profil Kesehatan Kota Sungai Penuh.

Fuada, N., & Setyawati, B. (2016). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 6(2), 67–75. https://doi.org/10.22435/kespro.v6i2.5411.67-75

Guttmacher Institute. (2018). Adding it up: Investing in Contraception and Maternal and Newborn Health for Adolescents in Ethiopia , 2018. December, 2018–2019.

Hani. (2011). Asuhan Kebidanan pada Kehamilan Fisiologis. Salemba Medika.

Harahap, D., & Afiyanti, Y. (2019). Women’s experiences of the prenatal group class in Indonesia. Enfermeria Clinica, 29, 151–158. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.04.023

Herdiansyah, H. (2011). metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika.

Indrayani. (2011). Buku Ajar Asuhan Kehamilan. Trans Info Media.

Janiwarty, B. (2013). Pendidikan Psikologi Untuk Bidan Suatu Teori dan Terapannya. Rapha Publishing.

KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Lestari, T. R. P. (2019). Pencapaian Status Kesehatan Ibu Dan Bayi Sebagai Salah Satu Perwujudan Keberhasilan Program Kesehatan Ibu Dan Anak. Kajian, 25(1), 75–89.

Lilleyman, J. (2018). Color Atlas of Clinical Hematology. In Journal of Clinical Pathology (Vol. 40, Issue 5). https://doi.org/10.1136/jcp.40.5.591-b

Mansur, H. (2014). Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan Edisi 2. Salemba Medika.

Manuaba, A. I. (2008). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB. EGC.

Menkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2014.

Meolog, lexy J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mugiati, M., & Rahmayati, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Pelayanan Antenatal pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 12(1), 147. https://doi.org/10.26630/jk.v12i1.2523

Muliati, Erna dr. M.Sc, C. (2020). Pedoman Pelayanan Bagi Ibu Hamil, Bersalin, Nifas, Dan Bayi Baru Lahir di Era Pandemi COVID-19. 3–4. https://www.ibi.or.id/media/Materi Webinar IBI - USAID Jalin Covid19/Kementerian Kesehatan_COVID_19_Pedoman.pdf

Nisman, W. A. (2011). Lima Menit Kenali Payudara Anda. CV Andi Offset.

Nurdiyan, A., Desmiwarti, D., & Machmud, R. (2015). Analisis Sistem Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Malalak dan Biaro Kabupaten Agam. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.25077/jka.v4i1.173

Nursalam. (2013). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.

Oxorn, H. (2010). Ilmu Kebidanan Patologi dan Fisiologi Persalinan. Yayasan Essntia Medica.

Pemerintah Daerah Provinsi Jambi. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Jambi Tahun 2019.

Prabhakara, G. (2010). Health Statistics (Health Information System). In Short Textbook of Preventive and Social Medicine. https://doi.org/10.5005/jp/books/11257_5

Pudiastuti, R. . (2011). Kebidanan Komunitas. Nuha Medika.

Rahayu, A. M., Ambarika, R., & Chusnatayaini, A. (2020). Hubungan Pengetahuan Dengan Kunjungan Kelas Ibu Hamil Di Desa Jogomulyan Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Journal for Quality in Women’s Health, 3(1), 50–55. https://doi.org/10.30994/jqwh.v3i1.49

Risky, D. (2020). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Kota Yogyakarta dalam Upaya Pemenuhan Hak Atas Pelayanan Kesehatan dan Pencegahan Risiko Kehamilan.

Sambirejo, P., & Langkat, K. (2020). Analisis implementasi kelas ibu hamil (kih) di upt puskesmas sambirejo kabupaten langkat tahun 2018 skripsi.

Saminem. (2018). Kehamilan Normal (M. Ester (ed.)). EGC.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2 (Terjemahan Sarah Genis B). Erlangga.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Sriatmi, A., Suwitri, S., Shaluhiyah, Z., & Nugraheni, S. A. (2020). Dapatkah Kelas Ibu Hamil Model Virtual Meningkatkan Praktik Pencegahan Risiko Tinggi Kehamilan ? Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 30(1), 1–14. https://doi.org/10.22435/mpk.v30i1.2985

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT Alfabet.

Susiana, S. (2019). Angka Kematian Ibu : Faktor Penyebab Dan Upaya Penanganannya.

Yuliani, D. R., & Aini, F. N. (2020). Kecemasan Ibu Hamil Dan Ibu Nifas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Baturraden. Jurnal Sains Kebidanan, 2(2), 11–14. https://doi.org/10.31983/jsk.v2i2.6487




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/mchc.v3i1.1688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Maternal Child Health Care
Published by Bidan Department
Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia

© Maternal Child Health Care   e-ISSN : 2686-0007  ISSN : 2686-4665