HUBUNGAN UMUR DAN PARITAS IBU BERSALIN DENGAN KEJADIAN PRE-EKLAMPSIA

chichi hafifa transyah

Abstract


Angka kejadian pre-eklampsia pada tahun 2013 di RSUP Dr. M. Djamil Padang mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebanyak 211 orang, sedangkan pada tahun 2015 kejadian pre-eklampsia mengalami penurunan hingga 50% dari tahun sebelumnya yaitu sebanyak 112 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan umur dan paritas ibu bersalin  dengan kejadian pre-eklampsia diruang kebidanan Rsup. Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian ini survei analitik dengan desain cross sectional study. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan juli 2016. Populasi ini sebanyak 33 orang, sampel diambil secara total sampling dengan batasan waktu sepuluh hari. Dengan cara pengambilan data dengan melihat  rekam medik menggunakan data secara univariat dengan distribusi frekuensi dan secara bivariat dengan  uji chi-square.Hasil penelitian menunjukan bahwa lebih dari separuh 20 0rang (60,6%) ibu hamil mengalami pre-eklampsia ringan dibandingkan dengan pre-eklampsia berat kurang dari separuh 13 orang (39,4%). Dan lebih dari separuh 16 orang (48,5%) ibu hamil dengan umur tidak beresiko dibandingkan dengan umur ibu hamil beresiko kurang dari separuh 4 orang (12,1%). Dan lebih dari separuh 17 orang (51,5%) ibu hamil dengan paritas tidak beresiko dibandingkan dengan umur ibu hamil dengan paritas beresiko 3 orang (9,1%). Terdapat hubungan yang bermakna antara umur dan paritas dengan kejadian pre-eklampsia (p = value < 0,05)Kesimpulan penelitian ini yaitu umur dan paritas berpengaruh terhadap kejadian pre-eklampsia. Untuk itu disarankan kepada pasangan usia subur untuk dapat memeperhatikan umur dan jumlah paritas untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pre-eklampsia.


Keywords


Umur, Paritas, Pre-Eklmpsia

Full Text:

PDF

References


Bobak, I, 2004. Keperwatan Maternitas. Jakarta : EGC.

Boathamley, Judy Dan Maureen Boyle, 2012. Patofisiologi Dalam Kebidanan. Jakarta : EGC.

Chapman Vicky, 2006. Asuhan Kebidanan Persalinan Dan kelahiran. Jakarta : EGC.

Cunningham, F Gary, Dkk. 2009. Obstetri Williams Edisi 1 Dan 2. Jakarta : EGC.

Hidayati nofita, kurniawati titik 2012. Hubungan Umur Dan Paritas Dengan Kejadian Pre-Eklampsia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang : Akademi Kebidanan Abdi Husada. Diakses Pada Tanggal 15 September 2015.

Hanum Huda, Bd Farida 2013. Faktor Resiko Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pre-Eklampsia Pada Ibu Bersalin Di Rsup Dr. M. Djamil Padang : Poltekes Kemenkes Jurusan Kebidan Padang. Diakses Pada Tanggal 20 0ktiber 2015.

Manuaba Ida Ayu Chadranita 2010. Ilmu Kebidanan Penyakit Kandung Dan KB. Jakarta : EGC.

Meriza, 2010. Hubungan Umur Dan Paritas Ibu Bersalin Dengan Kejadian Pre-Eklampsia Di Rsup Dr. M.Djamil Padang : Akademi Kebinana Alifah Padang.

Mitayani, 2011. Asuhan Keperawatan Maternitas. Jakarta : Salemba Medina.

Mochtar, R, 1998. Ilmu Kebidanan Dan Kandungan. Jakarta : EGC.

Noatmojdo Soekidjo, 2012. Metedologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam Dan Pariani, S, 2001. Pendekatan Praktis Metodelogi Riset Keperawatan. Jakarta : CV. Info Medika.

Prawirohardjo, 2010. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka.

Rukiyah Yeyeh Ai 2010. Asuhan Kebidan Patologi Kebidanan. Jakarta : Trans Info Media.

Retani Tri Indah Idi 2013. Umur Dan Paritas Ibu Bersalin Dengan Kejadian Pre-Eklampsia Di Rs Assakinah Medika Sidoarjo : Akademi Kebidanan Griaya Husada. Diakses Pada Tanggal 20 September.

Robson, Elizabeth S Dan Jason Waugh. 2012. Patologi Pada Kehamilan. Jakarta, : EGC.

Sukriani, 2013. Hubungan Usia Dan Paritas Ibu Bersalin Dengan Kejadian Pre-Eklampsia Di Rsup Dr. M. Djamil Padang : Akademi Kebidanan Alifah Padang.

Safutri, 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pre-Eklampsia Di Rsup Dr. Djamil Padang : Akademi Kebidanan Alifah Padang.

Ucianita, 3014. Hubungan Umur Dan Paritas Ibu Bersalin Dengan Kejadian Pre-Eklampsia Di Rsud Dr. Rasyidin Padang : Akademi Kebidanan Alifah Padang.

Wahyuni Dewi, Mifbakhuddin, Sutrimah 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pre-Eklampsia Pada Ibu Hamil : Dirumah Sakit Roemani Muhamadiyah Semarang : Akademi Kebidanan Muhamadiyah Semarang. Diakses Pada Tanggal 1 Januari 2016.

Winkjosastro, H, 2006. Ilmu Kebidanan. Jakarta YBPSP.

Wahyuni, 2014. Hubungan Umur Dan Paritas Ibu Bersalin Dengan Kejadian Pre-Eklampsia Dirumah Sakit Tk. III Dr. Reksodiwiryo : Akademi Kebidanan Alifah Padang.

Yogi Etika Desi, Harianto, Sonbay Elfrida 2011. Hubungan Antara Usia Dengan Pre-Eklampsia Pada Ibu Hamil Di Poli Kia Rsud Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Delima Harapan, Vol 3 No 2, Agustus 2014. Diaksese Pada Tanggal 8 Desember 2015.

Yunirman, 2013. Gambaran Umur Dan Paritas Ibu Bersalin Dengan Kejadian Pre-Eklampsia Rsup Dr. M. Djamil Padang : Akademi Kebidanan Amanah Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v3i1.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia

© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798