FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT PELAKSANA

REVI YULIA

Abstract


Kepuasan kerja merupakan suatu keadaan yang sifatnya subjektif yang didasarkan pada suatu perbandingan mengenai apa yang secara nyata diterima oleh seseorang dari pekerjaanya dibandingkan dengan apa yang diharapkan. Penelitian bertujuan untuk melihat hubungan faktor-faktor yang berhubungan  dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSBK Batam. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah seluruh perawat pelaksana di ruang rawat inap RSBK dengan sampel 88 orang, dengan teknik pengambilan sampel, total sampling. Hasil uji statistik bivariat chi-square menunjukan hasil terdapatnya hubungan bermakna kepemimpinan, kondisi lingkungan kerja, kesempatan promosi dan supervisi dengan kepuasan kerja perawat pelaksana, Sedangkan hasil analisis multivariat menunjukkan faktor yang paling dominan adalah kesempatan promosi. Manajemen keperawatan diharapkan selalu meningkatkan kegiatan yang berhubungan dengan promosi terutama pendidikan lanjutan dan pelatihan keperawatan.


Full Text:

PDF

References


Aditama, T. Y. (2010). Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Universitas Indonesia.

Argapati, A. K., Noor, H. N. B., & Sidin, H. A. I. (2013). Gambaran Kepuasan Kerja Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Stella Maris Makassar. Repository Unhas, 1–12.

Bustami. (2011). Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Askeptabilitas. Erlangga.

Davis, K. (2004). Perilaku Organisasi (Edisi 7). Erlangga.

Dinas Kesehatan Kota Batam. (2014). Profil RS Budi Kemuliaan.

Flippo, E. B. (2000). Management Personalisa. Erlangga.

Gillies, D. A. (1996). Manajemen Keperawatan. Suatu Pendekatan Sistem. W.B Saunders Company.

Gomes, F. C. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia (II). Andi Ofset.

Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.

Hayat, N. (2014). Laporan Residensi Di Instalasi Rawat Inap RSBK Kota Batam.

Mayasari, A. (2009). Analisis Pengaruh Persepsi Faktor Manajemen Keperawatan Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Perawat Di Ruang Rawat. In Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro.

Mua, E. L. (2011). Pengaruh Pelatihan Supervisi Klinik Kepala Ruangan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Woodward Palu. In Universitas Indonesia. Universitas Indonesia.

Mustikasari. (2003). Faktor-faktor intrinsik kerja dan hubungannya dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Dr. H.Marzoeki Mahdi Bogor. Universitas Sumatera Utara.

Nursalam. (2008). Manajemen Keperawatan : Aplikasi Dalam Praktek Keperawatan Profesional (2nd ed.). Salemba Medika.

Ramdhani. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di RS Jasa Kartini Tasikmalaya. Universitas Gadjah Mada.

Raymond, N. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat.

Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Prenhallindo.

Rumiati. (2001). Analisa hubungan kepuasan kerja karyawan medis dan komitmen organisasi di RS Dr.Kariadi Semarang. Universitas Diponegoro.

Siagian, S. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Supiyah. (2003). Kontribusi Fungsi Kepemimpinan Kepala Ruang Dan Karakteristik Perawat Terhadap Kepuasan Perawat Pelaksana Di RD Dharmais Jakarta. Universitas Indonesia.

Suroso. (2011). Jenjang Karir Dengan Kepuasan Kerja Dan Kinerja Perawat RSUD Banyumas. Universitas Indonesia.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v5i4.1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats