PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN PIS-PK DI PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2020

Arifni Arifin, husna yetti, kamal kasra

Abstract


Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari agenda ke lima Nawa Cita, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia di Indonesia. Acuan tercapainya pelaksanaan program PIS-PK dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat dalam menerima informasi serta mampu menerapkan pola hidup yang sehat serta indikator lainnya pada PIS-PK itu sendiri. Permasalahan yang ada yaitu dalam pencapaian IKS yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran pengetahuan dan sikap masyarakat dalam pelaksanaan PIS-PK di Puskesmas Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan desain cross sectional dan total populasi 8.638 KK. Teknik pengumpulan datanya dengan google form dan Analisa data secara bivariat. Hasil penelitian diperoleh bahwa Adanya hubungan antara tingkat pengetahuan masyarakat dengan pelaksanaan PIS-PK di Puskesmas Kota Padang. Namun pada masing-masing Puskesmas tidak terdapat hubungan yang signifikan. Sedangkan pada sikap masyarakat berhubungan dengan pelaksanaan PIS-PK di Puskesmas Kota Padang. Masih ada masyarakat yang masih terpengaruh oleh pikiran dan keyakinan orang terdahulu, serta belum dapat menerima perubahan. Diharapkan kepada petugas kesehatan dapat meningkatkan sosialisasi, komunikasi dan edukasi yang lebih inovatif serta masih perlunya kerjasama lintas sektor untuk meningkatkan kesehatan keluarga.

Full Text:

PDF

References


Bappenas, K. P. 2018. Penguatan Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas, Jakarta.

Departemen Kesehatan RI 2016. Buletin Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (Pis-Pk). In: Kesehatan, D. (Ed.). Jakarta.

Dina Lolita, Dr. Ismail Efendi & Nuraini 2019. Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (Pis-Pk) Di Puskesmas Bestari Kota Medan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 2 Nomor 2.

Dinas Kesehatan Kota Padang 2018. Laporan Tahunan Dinas Kesehatan. Padang.

Dinas Kesehatan Kota Padang 2019. Rekapitulasi Laporan Indikator Pis-Pk Padang: Dinas Kesehatan Kota Padang.

Kamal Kasra, Ahmad Dayat & Masnarivan., Y. 2019. Model Intervensi Promosi Kesehatan, Padang, Andalas University Press.

Kawidian Putri Bayu Alam, Septo Pawelas Arso & Nandini., N. 2019. Faktor Organisasi Pada Analisis Kinerja Petugas Pendataan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat 7.

Kemenkes RI 2017. Pedoman Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (Pis-Pk),. In: Kemenkes (Ed.). Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI 2016. Pedoman Umum Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga, Jakarta, Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI 2017. Buku Saku Pendekatan Keluarga Bagi Petugas Kesehatan, Jakarta, Kementerian Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan RI 2019. Rekapitulasi Indeks Keluarga Sehat. Jakarta: Kemenkes RI.

Notoadmodjo, S. 2011. Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni, Jakarta, Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta.

Oktavia, W. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (Pis-Pk) Di Puskesmas Kota Palembang. S2, Unibersitas Sriwijaya.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 2016. Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga. In: Kementrian Kesehatan (Ed.). Jakarta: Kemenkes.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 2014. Tentang Puskesmas. Jakarta: Kemenkes RI.

Puskesmas Alai 2019. Profil Puskesmas Alai. Padang.

Puskesmas Pemancungan 2019. Laporan Tahunan Puskesmas. Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v6i1.1080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia

© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats