PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PSIKOLOGIS SISWA AKIBAT COVID-19

hendri yazid

Abstract


Sejak pandemi COVID- 19 melanda Indonesia di tahun 2020, Daring merupakan solusi efektif yang digunakan pemerintah dalam dunia pendidikan. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya dapat berjalan efektif untuk perkembangan psikologis siswa. Interaksi sosial siswa pada lingkungan sekitar menjadi berkurang, hal ini mengakibatkan siswa mudah jenuh dalam menerima pelajaran dan membuat keefektifan belajar menjadi menurun. Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk meneliti bagai mana pengaruh pembelajaran daring terhadap psikologis siswa akibat pandemi COVlD-19. Pendekatan yang digunakan dengan riset kualitatif. Data yang dikurnpulkan bersumber dari literatur-literatur pembelajaran daring, psikologis siswa, dan COVID-19. Data dikumpulkan melakukan penelusuran terhadap sumber terkait, baik secara manual maupun digital. Analisis data  menggunakan analisis model Moleong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Daring tidak efektif bagi siswa dikarenakan terjadinya gangguan pada psikologis siswa. Dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran Daring sangat efektif dilakukan saat pandemi COVID- 19, namun adanya masalah atau gangguan pada psikologis siswa. Pembelajaran Daring bisa lebih dimodifikasi agar lebih efektif dengan memperhatikan psikologis kepribadian peserta didik.



Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. (2018). Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4 . 0 Era Disrupsi Teknologi. Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi, 1–13.Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Boyinbode OK & Ainyede RO. 2008. Mobile Learning: an Application of Mobile and Wireless Technologies in Nigerian Learning System. 6International Journal of Computer Science and Network Security, 8(11): 386-392.

Chaterine, R. N. 2020. Siswa belajar dari rumah, KPAI: Anak-anak stres dikasih banyak tugas. Detik News. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4944071/siswa-belajar-dari-rumah-kpai-anak-anak-stres-dikasih-banyak-tugas

Cresweel, john w. (2015). Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset. International Journal of Physiology, 3(1), 674.

Gon, S., & Rawekar, A. (2017). Effectivity of E-Learning through Whatsapp as a Teaching Learning Tool.MVP Journal of Medical Sciences, 4(1), 19-25.

Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 152–172. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3

Kuntarto, Eko. 2017. KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DARING DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102.

Kuo, et al. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses.Volume 20, pages 35-50.

Kusniyah & Hakim,L . 2019. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikirandan Penelitian Pendidikan, Vol. 17No.1.

Lexy J. Moleong, D. M. . (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya

Malwa, R. U. (2018). Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1758.

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 134–140.

Oktawirawan, Dwi, Hardani. 2020. Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JIUBJ : Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), Juli 2020, 541-544.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. JISAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56–60. https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122

Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.

Raharjo, D. B., & Sari, R. R. N. (2020, March 19). Belajar online di tengah corona, ada siswa mengeluh tensi darah naik. Suara. Retrieved from https://www.suara.com/news/2020/03/19/205940/belajar-online-di-tengah-corona-ada-siswa-mengeluh-tensi-darah-naik

Ratnawati. (2017). Signifikansi penguasaan guru terhadap psikologi siswa dalam proses belajar mengajar. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 48–64.

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan, Terjemahan” Tri Wibowo”. Jakarta: Kencana.

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme,1(2), 30-38.

Sugiyanto. 2014. PsikologiPendidikan Diagnostik Kesulitan Belajar ( Dkb ). 0274, 113–132. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/sugiyanto-mpd/26-bab-6.pdf

Sukmawati. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4 . 0. 8(1).

Raharjo, D. B., & Sari, R. R. N. (2020, March 19). Belajar online di tengah corona, ada siswa mengeluh tensi darah naik. Suara. Retrieved from https://www.suara.com/news/2020/03/19/205940/belajar-online-di-tengah-corona-ada-siswa-mengeluh-tensi-darah-naik.

Tian, S., Hu, N., Lou, J., Chen, K., Kang, X., Xiang, Z., Chen, H., Wang, D., Liu, N., Liu, D., Chen, G., Zhang, Y., Li, D., Li, J., Lian, H., Niu, S., Zhang, L., & Zhang, J. 2020. Characteristics of COVID-19 infection in Beijing. Journal ofInfection, 80 (4), 401–406. https://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.02.018.

Xu, C., Luo, X., Yu, C., & Cao, S. J. (2020). The 2019-nCoV epidemic control strategies and future challenges of building healthy smart cities. Indoor and Built Environment. https://doi.org/10.1177/1420326X20910408

Zhang, Leon Zhao, J, Zhou, Lina, F, Jay, J. (2004). CLASSROOM. 47(5), 74–79.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v6i1.1084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia

© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats