HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI PERAWAT DALAM PELAKSANAAN TAK PADA KLIEN HALUSINASI

Nofi Nofrida Saswati

Abstract


ABSTRAK

Pemberian asuhan keperawatan merupakan proses terapeutik yang melibatkan hubungan kerjasama antara perawat dengan klien, keluarga atau masyarakat untuk mencapai tingkat kesehatan yang optimal. Terapi aktivitas kelompok (TAK) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perawat yang bertujuan untuk mengatasi masalah keperawatan yang terjadi pada klien secara bersama sama dan dipimpin oleh perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan pengetahuan dan motivasi perawat dalam pelaksanaan TAK pada klien halusinasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 responden. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 1-20 November 2019, dengan pengisian kuisioner. Hasil penelitian ini dari 44 responden didapatkan 19 (43,2%) responden yang memiliki pengetahuan yang baik, 23 (52,3%) responden memiliki motivasi yang tinggi, 23(52,3%) responden melaksanakan TAK dengan baik. Hasil analisa bivariat berdasarkan hasil uji statistik di peroleh nilai p-value 0,653 (>0,05) tidak ada perbedaan proporsi pengetahuan perawat dengan pelaksanaan TAK. Hasil uji statistik di peroleh nilai p-value 0,000 (<0,05) ada perbedaan proporsi motivasi perawat dengan pelaksanaan TAK. Diharapkan pihak rumah sakit  dapat terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan terutama meningkatkan dan mengevaluasi pelaksanaan terapi aktivitas kelompok pada klien halusinasi.

Kata kunci: Pengetahuan, motivasi perawat, TAK, Halusinasi


Full Text:

PDF

References


Agusta, l; e. M. S. (2013). pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan cv haragon surabaya. Agora. 1 (3).

Ah. Yusuf, rizky fitryasari pk, dan nihayati he. (2015). buku ajar keperawatan kesehatan jiwa. jakarta: salemba medika.

azwar. (2014). metode penelitian.prosedur analisa data penelitian. Jakarta: EGC.

Cahyani, id, wahyuni, i, kurniawan b. (n.d.). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Kerja Pada Perawat Rumah Sakit Jiwa (Studi Pada Bangsal Kelas III RSJD Dr.Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah). Journal Kesehatan MAsyarakat, vol 4, no.

Gunawan, anjaswarni t, S. (2017). Hubungan antara pengetahuan dengan kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di ruang rawat inap rumah sakit tingkat ii dr. Soepraoen malang. Vol 2, no.

Karlina, P. dan. (2009). Asuhan keperawatan jiwa. Yogyakarta: Mitra cendeka.

Keliat. (2007). Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa (Edisi 5). Jakarta: EGC.

Keliat., et al. (2013). keperawatan jiwa: terapi aktivitas kelompok. Jakarta: EGC.

Keliat, b. . dan pasaribu. (2016). prinsip dan praktik keperawatan kesehatan jiwa,. singapura: elsevier.

Keliat ba, hamid ays, putri yse. (2019). asuhan keperawatan jiwa. Jakarta: egc.

Marquis, b. L. & huston, c. J. (2010). kepemimpinan dan manajemen keperawatan : teori dan aplikasi ((ed. 4)). Jakarta: EGC.

Mundarti. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar Di Prodi Kebidanan Magelang Politeknik Kesehatan Semarang Tahun Akademik 2005/200. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan (E-Journal) 5 (1), 9-9, 2014., 5 (1), 9-9,.

Notoatmodjo, S. (2014). No Title. In Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2011). No Titlemanajemen keperawatan. Aplikasi dalam praktik keperawatan professional (edisi 3). jakarta: salemba medika.

Penelitian, B., & Pengembangan, D. A. N. (2013). RISET KESEHATAN DASAR.

Prabowo, E. (2014). Konsep & Aplikasi Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rekam medik rsjd provinsi jambi. No Title. , (2019).

S, A. (2016). faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan terapi aktivitas kelompok di ruangan perawatan jiwa rumah sakit daerah madani provinsi sulawesi tengah,. Vol.6, No., Hal 17-24.

S, H. (2014). Hubungan antara pengetahuan dan motivasi dengan kinerja perawat dalam pelaksanaan terapi bermain pada anak usia prasekolah di ruang rawat inap anak rsup dr. kariadi semarang. prosiding konferensi nasional II PPNI Jawa Tengah 2014.

Siagian SP. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryono. (2011). Metodelogi penelitian kesehatan. Jogjakarta: Mitra Cendikia.

T, A. (2016). gambaran pengetahuan perawat tentang tak di rsjd provinsi jambi. skripsi : psik stikes harapan ibu jambi.

World health statistics. (2018). monitoring health for the sdgs, sustainable development goal.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v6i2.1093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia

© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats