ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN IBU HAMIL, IBU BERSALIN DAN IBU NIFAS MELALUI PENDEKATAN CONTINUUM OF CARE DI PUSKESMAS SE-KOTA BUKITTINGGI

Armita sri Azhari

Abstract


Latar Belakang: Kematian  ibu disebabkan oleh akibat komplikasi kehamilan dan persalinan sebanyak 303.000 pada tahun 2015 (UNICEF). Di Kota Bukittinggi Jumlah kematian ibu tahun 2016 adalah 3 jiwa. Untuk menurunkan angka kematian tersebut WHO dan organisasi lainnya yang ada di berbagai negara menganjurkan untuk mengaplikasikan program Continuum Of Care yang memberikaan asuhan secara berkelanjutan dan terintegrasi.

Metode: Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi dengan waktu penelitian bulan July - Oktober  2017. Data diperoleh dari wawancara mendalam pada 3 macam informan yaitu informan kunci, informan utama dan informan pendukung. Wawancara ini dilakukan secara semistruktur (Semistructure Interview). Analisis data menggunakan metoda Collaizi.

Hasil: Hasil penelitian input, proses dan output, didapatkan program Continuum Of Care pada Ibu hamil, Ibu Bersalin dan Ibu Nifas yang ada di Puskesmas kota Bukittinggi terjalankan dengan baik karena bagusnya kinerja dari tenaga kesehehatan dan dukungan dari pemerintah.

Kesimpulan: Disimpulkan bahwa program Continuum Of Care  di puskesmas kota Bukittinggi sudah terjalankan dengan baik.

Kata kunci : Continuum Of Care, Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin, Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin, Pelayanan Kesehatan Ibu Nifas.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v6i3.1192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia

© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats