ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN TINGKAT KINERJA STAF LABORATORIUM SENTRAL
Abstract
Dalam era globalisasi dan perdagangan bebas, rumah sakit menghadapi persaingan usaha yang semakin komplek. Rumah sakit merupakan usaha pelayanan jasa kesehatan, yang salah satu nya berdasarkan pada azas kepercayaan sehingga masalah kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas pasien menjadi faktor yang sangat menentukan keberhasilannya. Pelayanan yang berkualitas dapat diperoleh dari staf yang berkinerja tinggi. Supaya staf memiliki kinerja tinggi maka staf harus memiliki motivasi dalam bekerja. Motivasi yang diberikan kepada staf dapat berupa pemberian reward, selain dari pemberian reward dapat juga menegakkan punishment. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penerapan reward dan punishment dengan tingkat kinerja staf Laboratorium Sentral Rumah Sakit Umum Pusat DR. M. Djamil Padang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah reward dan punishment sementara variabel terkait adalah kinerja staf. Penelitian ini dilakukan pada staf Laboratorium sentral RSUP Dr. M. Djamil Padang yang terdiri 51 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data terdiri dari analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reward dan punishment mempunyai hubungan yang bermakna dengan kinerja.
Keyword : kinerja, punishment dan reward
Full Text:
PDFReferences
Ariyani, R. I., Aini, Q., & Tjahjono, H. K. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Islam Hidayatullah Yogyakarta. Jurnal Medicoeticoilegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 5(2), 1.
Fandy, T. (2004). Manajemen Jasa (Edisi Pert). Andi Offset.
Febrianti, S. (2014). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja (studi pada karyawan PT. Panin Bank Tbk. Area Mikro Jombang). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 1–9.
Kadarisman M. (2012). Manajemen Kompensasi. Rajawali Pres.
Keputusan Direktur Utama RSUP Dr. M. Djamil Padang. (2017). Keputusan Direktur Utama RSUP Dr. M. Djamil Padang, No. KP. 01.04/I/317/2017 tentang Pedoman Pemberian Remunerasi Kepada Pejabat Pengelola, Dewan Pengawas dan Pegawai di RSUP Dr. M. Djamil Padang.
Mulyasa, E. (2003). Managemen Berbasis Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Nangoi, W. J., Pondaag, L., & Hamel, R. (2014). Hubungan Pemberian Reward dengan Kinerja Perawat di Ruangan IRINA A RSUP Prof. DR. RD kandou Manado. Jurnal Keperawatan, 2(2).
Rahim, M. A., & Daud, W. N. W. (2012). A proposed conceptual framework for rewards and motivation among administrators of higher educational provider in Malaysia. International Journal of Business and Commerce, 1(9), 67–78.
Schmaltz, S. P., Williams, S. C., Chassin, M. R., Loeb, J. M., & Wachter, R. M. (2011). Hospital performance trends on national quality measures and the association with Joint Commission accreditation. Journal of Hospital Medicine, 6(8), 454–461.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukmawati, M., & Muhammad, Y. (2016). Effect Of Job Training, Reward Toward Job Ability And Employees Performance (Study In PT. Bank Perkreditan Rakyat Hasamitra In South Sulawesi Province). IOSR Journal of Business and Mangement, 18(4), 10–20.
Tafsir, A. (2008). Ilmu Pendidikan dalam Presfektif Islam. Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v6i2.1204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798