PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI PERSEPTOR KLINIK DALAM KEGIATAN PRESEPTORSHIP SELAMA PRAKTEK PROFESI NERS

Imelda Rahmayunia Kartika, Fitrianola Rezkiki

Abstract


Abstrak

Kompetensi perseptor klinik dapat berupa kompetensi klinik maupun komptensi mengajar dalam preceptorship, dimana bertugas memperkuat profesionalisme mahasiswa dengan mendukung perkembangan profesi dan membantu mahasiswa mencapai target kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi perseptor dalam hal ini kompetensi klinik (clinical competence) dan Kompetensi Mengajar (Teaching skill) yang dinilai dari persepsi mahasiswa yang sedang menjalani praktek profesi ners di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Sampel penelitian ini adalah 30 orang mahasiswa yang sedang menjalani praktek profesi ners. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tentang Kompetensi Preseptor Klinik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi klinik perawat sebagai perseptor klinik dalam kegiatan perseptorship (bimbingan) selama praktek profesi ners adalah baik (50%). Namun, kompetensi mengajar (teaching skill) perseptor klinik masih banyak yang menyatakan kurang baik (66.7%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi klinik perseptor harus ditingkatkan dengan pengembangan kompetensi klinis para perseptor klinik. Diharapkan organisasi keperawatan memberi dukungan yang cukup dalam kegiatan perseptorship, dan menciptakan suasana belajar yang representatif.

 

Kata kunci: Kompetensi Perseptor Klinik, Perseptorship, Mahasiswa Ners


Full Text:

PDF

References


Albrahim, F. A. (2020). Online Teaching Skills and Competencies. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology.

Asriyadi, F. (2016). Pengembangan alat ukur untuk mengukur kompetetensi preseptor di rumah sakit wahana pembelajaran pendidikan profesi ners. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

Dube, A., & Rakhudu, M. A. (2021). A preceptorship model to facilitate clinical nursing education in health training institutions in Botswana. Curationis. https://doi.org/10.4102/curationis.v44i1.2182

Friscila, I., Achadiyani, & Sutedja, E. (2020). CORRELATION OF CLINICAL INSTRUCTORS ’ CHARACTERISTICS TO STUDENTS ’ CLINICAL SKILLS SCORE IN A MIDWIFERY. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 9(2), 113–121. https://doi.org/10.22146/jpki.

Jamshidi, N., Molazem, Z., Sharif, F., Torabizadeh, C., & Kalyani, M. N. (2016). The Challenges of Nursing Students in the Clinical Learning Environment: A Qualitative Study. Scientific World Journal. https://doi.org/10.1155/2016/1846178

Loomis, J. A. (2016). Expanding the Use of Simulation in Nurse Practitioner Education: A New Model for Teaching Physical Assessment. Journal for Nurse Practitioners. https://doi.org/10.1016/j.nurpra.2015.11.010

Nabizadeh-Gharghozar, Z., Alavi, N. M., & Ajorpaz, N. M. (2021). Clinical competence in nursing: A hybrid concept analysis. Nurse Education Today. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104728

Taylor, I., Bing-Jonsson, P., Wangensteen, S., Finnbakk, E., Sandvik, L., McCormack, B., & Fagerström, L. (2020). The self-assessment of clinical competence and the need for further training: A cross-sectional survey of advanced practice nursing students. Journal of Clinical Nursing. https://doi.org/10.1111/jocn.15095

Tuomikoski, A. M., Ruotsalainen, H., Mikkonen, K., & Kääriäinen, M. (2020). Nurses’ experiences of their competence at mentoring nursing students during clinical practice: A systematic review of qualitative studies. In Nurse Education Today. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.104258




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v6i2.1256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia

© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats