ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN USAHA KESEHATAN GIGI SEKOLAH (UKGS) DI MASA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH AGAM BAGIAN TIMUR TAHUN 2021

Liny Marliny

Abstract


Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal terpenting bagi kehidupan manusia dan merupakan bagian dari kesehatan secara umum yang perlu diperhatikan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelayanan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) di masa Pandemi Covid-19 di wilayah Agam Bagian Timur tahun 2021.

Metode penelitian yang digunakan Kualitatif . Metode pengumpulan data kualitatif mengguakan wawancara mendalam (indept review). Penelitian dilaksanakan pada April-Mei 2021. Informan penelitian sebanyak 21 orang yang terdiri dari Kepala Dias Kesehatan, Dokter Gigi Puskesmas, Kepala Sekolah Dasar, Guru Pembina UKS, Siswa Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam bagaimana analisis pelaksanaan pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (ukgs) Di masa pandemi Covid-19 di Wilayah Agam Timur

Berdasarkan hasil wawancara didapatkan informasi bahwa pelaksanaan UKGS sudah sesuai dengan rencana kerja dan Fasilitas pelaksanaan UKGS sesuai dengan kebutuhan, dan semua kegiatan sudah mencakup semua siswa untuk  mendapatkan pelayanan kesehatan gigi, pencatatan dan pelaporan pemeriksaan gigi sudah berjalan dengan baik. kebijakan ini juga mendukung integrasi program kesehatan gigi dan mulut dengan program kesehatan umum. Namun selama masa pandemic Covid-19 kegiatan UKGS ini tidak berjalan lagi.

Dengan adanya pandemic Covid-19 ini maka perlu dilakukan perbaikan status kesehatan gigi siswa sekolah dengan menerapkan protocol kesehatan serta untuk anak sekolah dan remaja adalah promosi kesehatan gigi di sekolah sesuai dengan protokol kesehatan.

 

Kata Kunci              : Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut , Usaha Kesehatan Gigi Sekolah


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v6i3.1389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia

© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats