PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DI RSUD SUNGAI DAREH KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN 2022

Sarti Novita

Abstract


Latar Belakang: Hasil survey indeks kepuasan masyarakat (IKM) pada RSUD Sungai Dareh tahun 2021 adalah 76,61 (kategori BAIK). Namun komplen pasien terhadap rumah sakit sangat meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2020 terdapat 14 kasus dan  pada tahun 2021 menjadi 42 kasus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022.

Metode: Menggunakan jenis mixed methods, kuantitaitf menggunakan pendekatan crossectional dan kualitatif menggunakan pendekatan Fenomenologi di lakukan pada bulan Maret 2022, populasi adalah pasien pelayanan rawat jalan pada RSUD Sungai Dareh  sebanyak 3287 orang dan sampel 160 orang dengan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan informan sebanyak  8 orang. Analisis data dengan Uji Chi Square dan uji regresi logistic. Analisa kualitatif dilakukan dengan proses triangulasi.

Hasil: Hasil uji statistic Chi-Square Reliability (0,000), Responsiveness (0,000),  Assurance (0,000), Empathy (0,032), Tangibles (0,000), waktu tunggu (0,000) disimpulkan adanya hubungan Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles dan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien rawat Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. Hasil kualitatif Pelayanan rawat jalan sudah sesuai dengan kebijakan dari rumah sakit, Petugas kesehatan sudah cepat tanggap sesuai dengan pendidikan dan skill, semua petugas memahami aturan BPJS atau layanan kesehatan lain, Empathy pelayanan rawat jalan sudah dilaksanakan, Sarana prasarana pelayanan rawat jalan masih ada yang kurang seperti kamar mandi yang tidak memadai, tempat duduk pasien pada saat menunggu antrian juga kurang, pasien banyak menunggu karena masih ada status pasien yang belum diisi, dan memang terkendala dari MR yang kekurangan tenaga, dan Kebijakan rawat jalan sudah sesuai dengan SPM rawat jalan di RSUD Sungai Dareh, petugasnya juga harus kompeten.

Kesimpulan: Didapatkan faktor yang paling dominan Terhadap Terhadap kepuasan pasien rawat Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022 yaitu assurance (p-value 0,000). Disarankan pada RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya agar dapat meningkatkan assurance dalam pelayanan kesehatan rawat jalan baik dari segi pelayanan kesehatan sehingga tidak membeda-bedakan pasien dengan assurance.

Kata kunci      : Mutu Pelayanan Rawat Jalan, Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v7i3.1697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats