STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN MANAJEMEN DAN INDIKATOR MUTU KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD M.NATSIR SOLOK

Imelda Rahmayunia Kartika, Aminah Syofia, Rahmatika Dewi

Abstract


Dewasa ini, dalam manajemen pelayanan diyakini bahwa peningkatan indikator mutu pelayanan merupakan strategi untuk meningkatkan kualitas perawatan pasien di suatu rumah sakit Penerapan indikator mutu sudah berjalan, namun pencapainannya masih belum optimal, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menjabarkan indikator mutu pelayanan keperawatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran manajemen dan indikator mutu keperawatan di ruang rawat inap. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitik, dimana peneliti ingin menggambarkan hasil deskripsi manajemen mutu pelayanan keperawatan di rawat inap RSUD Solok Sumatera Barat, pada pertengahan April 2022. Sampel penelitian ini adalah 60 orang perawat yang mengisi kuesioner yang mendeskripsikan manajemen mutu pelayanan keperawatan yang dijalankan di rumah sakit. Data di analisis secara deskriptif untuk melihat gambaran pelaksanaan indikator mutu. Hasil penelitian ini adalah penerapan indikator mutu pelayanan keperawatan, paling banyak pelaksanaannya dalam kategori baik (66.7%), dan masih ada pelaksanaan yang kurang baik yakni sebesar 33.3%. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa indikator mutu masih harus ditingkatkan dalam pencapaiannya. DIharapkan hal ini menjadi dasar kuat untuk mengatakan bahwa indikator mutu keperawatan menjadi hal yang mutlak harus ada dan diimplementasikan di rumah sakit.

 

Kata Kunci: Manajemen, Indikator Mutu, Keperawatan, Ruang Rawat Inap


Full Text:

PDF

References


Bombard, Y., Baker, G. R., Orlando, E., Fancott, C., Bhatia, P., Casalino, S., Onate, K., Denis, J. L., & Pomey, M. P. (2018). Engaging patients to improve quality of care: A systematic review. In Implementation Science. https://doi.org/10.1186/s13012-018-0784-z

Gathara, D., Zosi, M., Serem, G., Nzinga, J., Murphy, G. A. V., Jackson, D., Brownie, S., & English, M. (2020). Developing metrics for nursing quality of care for low- And middle-income countries: A scoping review linked to stakeholder engagement. In Human Resources for Health (Vol. 18, Issue 1). https://doi.org/10.1186/s12960-020-00470-2

Hajar, D. I. (2014). Hubungan Tingkat Pendidikan Perawat Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Pada Pasien Di Rumah Sakit Daerah Kalisat Jember. Universitas Muhammadiyah Jember.

Hashjin, A. A., Kringos, D. S., Manoochehri, J., Ravaghi, H., & Klazinga, N. S. (2014). Implementation of patient safety and patient-centeredness strategies in Iranian hospitals. PLoS ONE, 9(9). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0108831

Kartika, I. R. (2014). Nursing Care Quality Indicators and Patient Satisfaction in the Hospital: a systematic review. The 1st International Conference on Education and Nursing Research, 1(1), 73–79.

Kartika, I. R., Hariyati, R. T. S., & Nelwati. (2018). Kompetensi Perawat Dan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Rawat Jalan. NERS : Jurnal Keperawatan, 14(2), 46–54.

Kieft, R. A., Brouwer, B. B. de, Francke, A. L., & Delnoij, D. M. (2014). How nurses and their work environment affect patient experiences of the quality of care: a qualitative study. BMC Health Services Research, 14, 249. http://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603325377%0Ahttp://dx.doi.org/10.1186/1472-6963-14-249

Montalvo, I. (2007). The National Database of Nursing Quality Indicators® (NDNQI®). OJIN: The Online Journal of Issues in Nursing, 12(3). https://doi.org/10.3912/OJIN.Vol12No03Man02

Nursalam. (2011). MANAJEMEN KEPERAWATAN Aplikasi dalam Praktik Nursalam. (2011). Salemba Medika.

Song, W., Eaton, L. H., Gordon, D. B., Hoyle, C., & Doorenbos, A. Z. (2015). Evaluation of Evidence-based Nursing Pain Management Practice. Pain Management Nursing, 16(4). https://doi.org/10.1016/j.pmn.2014.09.001

Umoke, M., Umoke, P. C. I., Nwimo, I. O., Nwalieji, C. A., Onwe, R. N., Emmanuel Ifeanyi, N., & Samson Olaoluwa, A. (2020). Patients’ satisfaction with quality of care in general hospitals in Ebonyi State, Nigeria, using SERVQUAL theory. SAGE Open Medicine. https://doi.org/10.1177/2050312120945129




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v7i2.1704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats