MOTIVASI PERAWAT BERHUBUNGAN DENGAN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM KESELAMATAN PASIEN
Abstract
Faktor yang mempengaruhi perawat dalam melakukan keselamatan pasien adalah motivasi, motivasi adalah aktivitas pelaku sebagai energy untuk bangkit memenuhi kebutuhan dan tugas pekerjaan sesuai tujuan yang ditetapkan. Komunikasi efektif adalah unsur utama dari sasaran keselamatan pasien karena komunikasi adalah penyebab pertama masalah keselamatan pasien (patient safety). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Hubungan Motivasi Perawat Dengan Komunikasi Efektif Dalam Keselamatan Pasien Di Ruang Rawat Inap Interne dan bedah RSI Ibnu Sina Yarsi Bukittinggi Tahun 2020. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode sampling yaitu total sampling dengan responden 37 orang. Penelitian ini dilakukan langsung dengan wawancara mengunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Data diolah dengan menggunakan uji Chi Square. Analisa Univariat didapatkan bahwa dari 37 perawat didapatkan perawat yang memiliki motivasi tinggi sebanyak 29 orang (78,4%), perawat yang melakukan komunikasi efektif sebanyak 19 orang (51,4%). Analisa bivariat didapatkan dari 8 perawat yang memiliki motivasi rendah didapatkan 7 perawat (87,5%) melakukan komunikasi efektif dengan kurang baik, sedangkan dari 29 perawat yang memiliki motivasi tinggi terdapat 18 perawat (62,1%) yang baik dalam melakukan komunikasi efektif. Berdasarkan hasil analisa statistik didapatkan nilai p-Value = 0,013 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara motivasi perawat dengan komunikasi efektif, disarankan kepada perawat selalu menerapkan komunikasi efektif agar meningkatkan keselamatan terhadap pasien, serta pihak RS terus meningkatkan motivasi perawat
Full Text:
PDFReferences
Astuti, A. M., Suza, D. E., Nasution, M. L., Keperawatan, F., Utara, U. S., Bulan, P., & Medan, K. (2019). Analisis Implementasi Komunikasi Sbar Dalam Analysis of Implementation of Sbar Communication in Doctor and Nursing Interprofessional Patients To Patient Safety Abstract Pendahuluan. 9(4), 359–366.
Astuti, R., & Lesmana, O. P. A. (2018). Pengaruh Motivasi dan Beban Kerja terhadap Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan. Jurnal Ilman, 6(2), 42–50.
Harahap, T. H. (2018). PASIEN DI RUMAH SAKIT Kata Kunci : Budaya Keselamatan Pasien , Pasien di Rumah Sakit , Rumah Sakit LATAR BELAKANG.
Hadi, irwan. (2017). Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien. Yogyakarta. Cv Budi Utama.
Influence, T., Supervisor, O., On, A., Work, N., & In, M. (2020). PENGARUH KOMPETENSI SUPERVISOR DAN PENGHARGAAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT PERMATA BUNDA TAHUN 2018. 4(1), 10–16.
Iswati, & Hanny. (2018). Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. 2018, 181101080, 1–34. https://scele.ui.ac.id/course/view.php?id=10651
Oxyandi, M., Endayni, N., Diii, P., Sekolah, K., Ilmu, T., & Aisyiyah, K. (2020). PENDAHULUAN Sasaran keselamatan pasien yang tertuang dalam PMK No . dibuat pemberian asuhan keperawatan pasien dan meningkatkan kesinambungan perawat dan pengobatan maka dapat diwujudkan 1691 / MENKES / PER / VIII / 2011 dengan baik melalui komunikasi yan. 5, 162–172.
Pengetahuan, H., Dan, S., Kerja, M., Dengan, P., Relationship, T. H. E., Knowledge, B., Of, W. M., With, N., Implementation, T. H. E., Patient, O. F., In, S., & Annahospital, S. (2017). Nurse With the Implementation of Patient Safety in Santa Annahospital. 2(6), 1–8.
Salawangi. (2018). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap RSUD Liun Kendage Tahuna Kabupaten Sangihe. Kesmas: National Public Health Journal, 7(5).
Tambunan, D. A. (2015). Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 2(2), 38–51. https://doi.org/10.22146/jkap.8488
Wardhani, Viera. (2017). Buku Ajar ManajemenKeselamatanPasien. Malang 65145. UB Press.
Ariani, April, Tutu.(2018). KomunikasiKeperawatan. Malang 65144. UniversitasMuhammadiyah Malang.
Swarjana, Ketut. (2012). MetodologiPenelitianKesehatan.Yogyakarta 55281. CV ANDI OFFSET.
Sari, W. ., Chandra, M. ., Tamara, N. ., Theodora, J. ., -, T., & -, K. (2020). THE EFFECT OF COMMUNICATION, WORK DISCIPLINE, AND MOTIVATION ON EMPLOYEE JOB SATISFACTION AT PT. JAYA ANUGRAH SUKSES ABADI MEDAN (CASE STUDY AT BRASTAGI SUPERMARKET, CAMBRIDGE BRANCH). Jurnal Ipteks Terapan (Research Of Applied Science And Education ), 14(3), 182–194. https://doi.org/10.22216/jit.v14i3.93
Nelsari Malau, Y., Mayang Sari br Surbakti, I. ., Tranita Hulu, A. ., & Permata Sari Zendrato, W. . (2022). ORGANIZATIONAL CULTURE, LEADERSHIP STYLE, WORK MOTIVATION, AND COMPENSATION ON PERFORMANCE OF FINANCE EMPLOYEES. Jurnal Ipteks Terapan (Research Of Applied Science And Education ), 16(1), 100–108. https://doi.org/10.22216/jit.v%vi%i.804
DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v8i1.2299
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798