PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA

Rinawati Kasrin

Abstract


Abstrak

Pembelajaran daring dilakukan karena dampak dari pandemi Covid-19. Pembelajaran daring dapat dikatakan efektif apabila peserta didik memiliki motivasi tinggi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi. Pada Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan desain corelation dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ada 152 Mahasiswa Universitas Perintis Indonesia Kampus II Bukittinggi. Metode penelitian probility sampling dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji chi-square dengan hasil didapatkan lebih dari separuh yaitu sebanyak 77 (50,7%) responden mempresepsikan pembelajaran daring tidak efektif, 80 (52,6%) responden yang mempresepsikan motivasi belajar rendah. Analisis bivariat pembelajaran daring efektif dan mahasiswa memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 47 (62,7%), selanjutnya pembelajaran daring tidak efektif tetapi mahasiswa masih memiliki motivasi belajar yang tinggi sebanyak 25 (32,5%) responden. Hasil uji statistik diperoleh nilai p=0,000 (p≤0,05). Kesimpulan didapatkan ada hubungan yang bermakna antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar pada mahasiswa di masa pandemi.

     Keywords : Pembelajaran daring, Motivasi belajar, mahasiswa


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v8i1.2309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats