ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KABUPATEN SOLOK SELATAN
Abstract
Puskesmas merupakan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Tujuan penelitian untuk menganalisis gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Solok SelatanTahun 2023. Metode penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Bidan dan Perawat PNS yang bertugas di Puskesmas se- Kabupaten Solok Selatan yaitu sebanyak 274 orang dan jumlah sampel dengan pendekatan slovin dengan teknik simple random sampling yaitu sampel yang diambil sebanyak 73 sampel. Penelitian dilaksanakan pada bulan November –Desember 2022. Analisa data menggunakan univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lebih dari separuh responden yaitu sebanyak 45 responden (61,6%) menyatakan SDM sudah sesuai standar. Lebih dari separuh responden yaitu sebanyak 43 responden (58,9%) memiliki motivasi yang positif, 54 responden (74%) memiliki masa kerja yang sesuai, 38 responden (52,1%) mengaku tidak pernah diberikan pelatihan dan 73 responden (100%) sudah menyatakan sarana prasarana sudah sesuai dalam kualitas pelayanan kesehatan puskesmas di Wilayah kerja Dinkes Kabupaten Solok Selatan. Diharapkan tenaga kesehatan bekerja sesuai dengan tanggung jawab masing-masing untuk pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk kedepannya.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, H, Amir, H, S.R, Astuti, W. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Petugas Kesehatan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas X. Jurnal Kesehatan Pena Media, 10(2), 8-14.
Aan, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kendala Di Dalam Penyelenggaraan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di UPT Puskesmas Palenggaan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.
Andini, N., Anam, K., & Chandra. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan kerja Karyawan Di Puskesmas Banua Padang Kabupaten Tapin Tahun 2021. Fakultas: Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan, 2021.
Fadilah, F., & Al Banin, Q. (2022). Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja, Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Puskesmas Bantarkawung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(2). https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i2.5362
Hermansyah, Darmana, A., & Nur’aini. (2019). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Metode Servqual Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Aceh Timur Tahun 2018. Health Care : Jurnal Kesehatan, 8(1), 58–69. https://doi.org/10.36763/healthcare.v8i1.32
Hatmoko, (2016). Pedoman Kerja Puskesmas Samarinda: Staf Pengajar IKM Universitas Mulawarman, Samarinda
KEPMENKES nomor : 81/MENKES/SK/I/2004 Tentang Penyusunan Perencanaan SDM Kesehatan Di Tingkat Propinsi, Kab/Kota Serta Rumah Sakit.
Kuspini, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Cantigi Kabupaten Indramayu Tahun 2021 Humantech jurnal ilmiah multidisiplin indonesia. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 305–317.
Meesala, A, Paul,J. 2018. Service Quality, Consumer Satisfaction And Loyalty In Hospitals: Thinking For The Future, Journal Of Retailing And Consumer Service, 40, 261-269
Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan Kebutuhan SDMK
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)
Pusrengun SDM Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan RI. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2016. tentang Data Sumber Daya Kesehatan Departemen
Permenkes Republik Indonesia No. 43 Tahun 2019. Tentang Puskesmas
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan
Silitonga, samuel frangky M., & Saragi, S. (2020). Pengaruh Kualitas Sdm Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Siempat Rube Kabupaten Pakpak Bharat. Jurnal Publik Refrom, 28–28.
Ulandari, S., & Yudawati, S. (2019). Analisis kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana dan Lingkungan terhadap Kepuasan pasien. 8487(2), 39–53.
Umpung, F. D., Pertiwi, J. M., Ester, G., & Korompis, C. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kabupaten Minahasa Tenggara Pada Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1, 18–27.
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
Undang-undang No 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan
Undang – undang Nomor 36 Tahun 2014. Tentang Tenaga Kesehatan. Yodhia Antariksa. 2010. Manfaat Perencanaan SDM yang optimal. Rajapresentasi. Jakarta.
Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Kebidanan
WHO 2012. www.who.int,Anonim.2012. Diakses tanggal : 22 November 2022
Wulandari, T., & Fajrah, S. (2021). hubungan Pelatihan Tenaga Kesehatan dengan Kinerja Petugas di puskesmas Lompe Ntodea Kecamatan Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong. 1–23.
Yunita, N., & Estiyana, E. (2022). Perhitungan Beban Kerja dan Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Metode ABK Kes di Unit rekam Medis Puskesmas Guntung Payung Banjarbaru. Jurnal Kesehatan Indonesia, XII.
DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v10i1.2411
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798