ANALISIS PERAN KADER DALAM PELAYANAN KESEHATAN PRAKONSEPSI PADA CALON PENGANTIN DI KOTA PADANG

Fanny Ayudia, Monarisa Monarisa

Abstract


Pelayanan kesehatan prakonsepsi memiliki efek yang positif bagi kesehatan Ibu dan anak. World Health Organization (WHO) pada tahun 2013 mengemukakan bahwa, 4 dari 10 wanita mengalami kehamilan yang tidak direncanakan, akibatnya wanita dan pasangannya terlambat mendapatkan intervensi kesehatan esensial saat kehamilan hingga 40%.Berdasarkan profil Dinas Kesehatan Kota Padang pada tahun 2019, terdapat 51,7 % perempuan yang melakukan pelayanan kesehatan masa reproduktif dan 31,3 % laki-laki yang melakukan skrining kesehatan masa reproduktif. Hal ini menunjukkan bahwa masih rendahnya pelaksanaan pelayanan  prakonsepsi di kota Padang. Kader merupakan masyarakat yang membantu dalam menanggulangi masalah kesehatan. Tujuan penelitian ini mengetahui Analisis Peran Kader terhadap Pelayanan  Kesehatan Prakonsepsi pada Calon Pengantin di Kota Padang. Metode Penelitian yang digunakan Survey kualitaif melalui wawancara mendalam (indepth interview). Informan dalam penelitian ini Kader Wilayah Kerja Puskesmas Ambacang Kuranji yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dibutuhkan informasi kader terkait kesehatan prakonsepsi bagi calon pengantin seperti, pengukuran status gizi yang baik, makanan yang diperlukan pasangan calon pengantin, penentuan masa subur serta penyakit yang diderita yang direkomenmdasikan untuk menunda kehamilan. Rekomendasi penelitian ini diharapkan pihak Puskesmas untuk memberikan pelatihan Kader terkait Pelayanan Kesehatan Prakonsepsi dan membuat modul kader prakonsepsi.

Kata Kunci : Peran Kader, Pelayanan Kesehatan Prakonsepsi, Pasangan Calon Pengantin



Full Text:

pdf

References


Bindhani BK, Devi NK, Nayak JK. Knowledge , awareness , and attitude of premarital screening with special focus on sickle cell disease : a study from Odisha. 2020;445–9.

Chandranipapongse W. Motherisk Update Preconception counseling for preventable risks. 2013;59:737–9.

Bener A, Mulla M Al, Clarke A. Premarital Screening and Genetic Counseling Program : Studies from an Endogamous Population. 2019;

Towne JE. Premarital Counseling. :53.

file:///Users/serenaonasis/Downloads/infodatin-penglihatan.pdf. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kementeri Kesehat RI [Internet]. 2019;1(1):1. Tersedia pada: https://www.kemkes.go.id/article/view/19093000001/penyakit-jantung-penyebab-kematian-terbanyak-ke-2-di-indonesia.html

Taqwin T, Linda L, Suryani L, Nasrul N. Konseling Pra Konsepsi (Koprasi) pada Kader Kesehatan dalam Upaya Promosi dan Pencegahan Stunting. Poltekita J Pengabdi Masy. 2022;3(1):36–42.

Zakaria DSG, Aisyah AS, Lutfiera DS, Maulani M, Novianti S, Nurasiah A, et al. Pengetahuan Dan Implementasi Pelayanan Prakonsepsi Di Desa Cikijing Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. J Midwifery Care. 2022;3(01):23–43.

Maretta MY, Andhikatias YR, Umarianti T, Apriani A. Penguatan Peran Kader dan Masyarakat dalam Upaya Persiapan Kehamilan Sehat Melalui Kegiatan Sikring Arus. Indones Berdaya. 2022;3(1):113–8.

Access O. Open Access. 2019;2(2):148–58.

Paridah, Citrakesumasari, Thaha AR. Peran Kader Posyandu Pada Pelayanan Terpadu Wanita Prakonsepsi Di Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. J MKMI. 2014;102–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v8i2.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats