KESEHATAN MASYARAKAT DI DAERAH PESISIR KABUPATEN TANGERANG BANTEN

Eka Budi Satria

Abstract


Wilayah pesisir Kabupaten Tangerang ditempati sebanyak 7% dari total keseluruhan jumlah masyarakat Kabupaten Tangerang. Persoalan utama yang dihadapi oleh masyarakat pesisir adalah sampah yang terbawa oleh aliran DAS Cisade dan DAS Cisadane yang bermuara di wilayah pesisir. Sampah dan pertukaran air balas (Water Ballast Change) yang berasal dari aktivitas kapal saat bersandar di pelabuhan Tanjung Priok juga berkontribusi terhadap terjadinya pencemaran pada air laut dan berdampak terhadap lingkungan dan kondisi kesehatan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Tangerang telah berupaya mengatasi masalah yang terjadi melalui program penataan infrastruktur seperti air bersih, sanitasi, termasuk memperbaiki kawasan padat kumuh dan menciptakan kawasan mangrove yang mumpuni. Implementasi dari program tersebut dituangkan dalam program unggulan “Gerbang Mapan”. Masalah kesehatan masyarakat pesisir umumnya berakitan dengan kesehatan lingkungan, perilaku dan karakteristik individu. Penulisan artikel ini bertujuan untuk melakukan kajian  terhadap pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat pesisir di Kabupaten Tangerang dengan melakukan metode studi literatur. Dalam studi literatur tersebut dilakukan identifikasi data-data sekunder yang berasal dari lembaga pemerintah, selanjutnya dilakukan analisis guna memperoleh gambaran masalah kesehatan di daerah pesisir. Selanjutnya dirumuskan alternative upaya pelayanan kesehatan dari berbagai sumber literatur.



Full Text:

PDF

References


Aina Ciici Ramdhani, Susilawati. 2022. “Analisa Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Pesisit.” Health Sains 3(6).

Aisyah, Suyatno, and M. Zen Rahfiludin. 2019. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stunting Pada Anak Kelas Satu SDI Taqwiyatul Wathon, Daerah Pesisir Kota Semarang.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 7:1–23.

Badan Pusat Statistik. 2022. “Profil Statistik Kab.Tangerang Tahun 2022.”

Barlian, Eri. 2016. Metodelogi Kuantitatif Dan Kualitatif. Padang: Sukabinas Press.

Latif, Idham. n.d. “Analisis Deskriptif Masalah Kesehatan Masyarakat Pesisir Desa Karangsong Indramayu.” Jurnal Kesehatan. Indra Husada 4(2):29–36.

Maezahroh, Siti. 2018. “Evaluasi Program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan) Di Kabupaten Tangerang.” Universitas Ageng Tirtayasa.

Nangi, Muhammad Guntur. 2019. Dasar Epidemiologi. Deepublish.Publisher.

Qodrat, Andi Khafifah Nursyahbani, and A. 2014. “Eksplorasi Masalah Kesehatan Masyarakat Di Daerah Pesisir Kota Manado.” Makalah (1996).

Riry. 2022. “Karakteristik Pola Penyakit Pada Nelayanan Pesisir Pulau Ambon Di Kecamatan Nusaniwe Tahun 2022.” Pattimura Medical Review 4.

Saputra, Oktadoni, and Khairul Anam. 2016. “Gaya Hidup Sebagai Faktor Risiko Hipertensi Pada Masyarakat Pesisir Pantai Life Style as Risk Factor of Hypertension in Seaboard Community.” Majority 5(3):118–23.

Susilawaty, Andi, Munawir Amansyah, and Nildawati. 2016. “Kerentanan Ketersediaan Air Bersih Di Daerah Pesisir Dan Pulau - Pulau Kecil Sulawesi Selatan Indonesia.” Al-Sihah:Public Health Science Journal 8(2):194–203.

Www.kompas.id. n.d. “Pemkab Tangerang Berkomitmen Tuntaskan Penataan Pesisir.” Retrieved (https://www.kompas.id/baca/metro/2022/10/27/pemkab-tangerang-berkomitmen-tuntaskan-penataan-pesisir).




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v8i2.2532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats