PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PELAYANAN PREVENTIF DAN PROMOTIF DI PUSKESMAS

Mikaila Rastasya Badrahini, Diansanto Prayoga -

Abstract


Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) nomor tiga secara eksplisit berfokus pada kesehatan dan akses terhadap layanan kesehatan berkualitas melalui layanan kesehatan preventif. Diperkirakan hanya sekitar 30 % penduduk yang memanfaatkan pelayanan Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan masyarakat untuk menggunakan pelayanan preventif dan promotif di Puskesmas untuk menerima pelayanan kesehatan preventif dan promotif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kajian literatur pada literatur yang terkait dengan judul penelitian ini, baik itu dari artikel penelitian, buku, dan dokumen pemerintah yang diases pada database google, google scholar, pubmed, dan science direct. Hasil menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan dan mempengaruhi keputusan pasien untuk menggunakan pelayanan kesehatan di puskesmas, sementara harga yang terjangkau akan membuat pasien lebih tertarik untuk berkunjung menggunakan layanan kesehatan Puskesmas. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga harga yang terjangkau dalam pelayanan kesehatan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Amaliah, R., Fauziah, R., & Endarti, D. (2023). The potential of economic loss due to stunting in Indonesia. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 8(1), 52-65.

https://jurnalkesmas.ui.ac.id/jurnal-eki/article/view/6796

Arundina, T., Indriani, D., & Fitriani, R. (2023). Menakar kesiapan Puskesmas dalam penuntasan penanganan penyakit: Analisa data riset fasilitas kesehatan. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 8(1), 40-51.

Choi, Y., Choi, M., Oh, M., & Kim, S. (2020). Service robots in hotels: Understanding the service quality perceptions of human-robot interaction. Journal of Hospitality Marketing & Management, 29(6), 613-635.

https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/19368623.2020.1703871

Dartanto, T., Rezki, J. F., Pramono, W., Siregar, C. H., Usman., & Bintara, H. (2023). Faktor yang berkontribusi pada keikusertaan sektor formal dalam skema asuransi kesehatan sosial: Narative Review. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia 8(1), 34-39.

https://journal.fkm.ui.ac.id/jurnal-eki/article/view/6647

Fernandes, A. A. R. (2020). The influence of quality management on organization performance: Service quality and product characteristics as a medium. Property Management, 38(3), 383-403.

https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/PM-10-2019-0060/full/html

Fitriani, R., Indriani, D., & Arundina, T. (2023). Hubungan karakteristik pasien, prosedur, dan penyakit penyerta dengan biaya langsung medis pada pasien rawat inap jantung koroner. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 8(1), 1-10.

https://journal.fkm.ui.ac.id/jurnal-eki/article/view/6240

Gunawan, H., & Prasetyo, J. H. (2020). The influence of service quality towards the customer satisfaction of XYZ Bank at Gajah Mada Branch Office in West Jakarta. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(3), 160-164.

https://www.academia.edu/download/76167163/Gunawan_Prasetyo_2020_.pdf

Handayani, M., Ilmi, L. R., & Mubarrok, Z. (2023). Evaluasi penerapan pilot project global budget sebagai sistem pembayaran klaim pada RSUD Wates. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 8(1), 25-33.

https://journal.fkm.ui.ac.id/jurnal-eki/article/view/6370

Indriyani, Y., Dolly, F. I., Sari, M., & Astika, Y. W. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Rantau Keloyang Kabupaten Bungo. Jurnal Administrasi Nusantara Maha, 3(6), 119-113.

https://lppmstianusa.com/ejurnal/index.php/janmaha/article/view/490

Nunkoo, R., Teeroovengadum, V., Ringle, C. M., & Sunnassee, V. (2020). Service quality and customer satisfaction: The moderating effects of hotel star rating. International Journal of Hospitality Management, 91, 102414.

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0278431918310508

Nuraini, D. R., Indriani, D., & Fitriani, R. (2023). Dampak guncangan kesehatan terhadap konsumsi rumah tangga di Indonesia: Adakah peran asuransi kesehatan dan kredit mikro?. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 8(1), 11-24.

https://journal.fkm.ui.ac.id/jurnal-eki/article/view/6227

Nuviana, W., Noor, M., & Jauchar, B. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di UPTD. Puskesmas Lempake. E-journal Ilmu Pemerintahan, 6(4), 1621-2634.

http://journal.unhas.ac.id/index.php/jkmmunhas/article/view/8820

Oktavia, S. N., & Prayoga, D. (2023). Kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien pada Rumah Sakit Ibu dan Anak: Literature review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 2199-2205.

http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/16876

Pham, L., Limbu, Y. B., Bui, T. K., Nguyen, H. T., & Pham, H. T. (2019). Does e-learning service quality influence e-learning student satisfaction and loyalty? Evidence from Vietnam. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1-26.

Prentice, C., Wang, X., & Loureiro, S. M. C. (2019). The influence of brand experience and service quality on customer engagement. Journal of Retailing and Consumer Services, 50, 50-59.

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0969698919301420

Syahrini, G., & Fadili, D. A. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra institusi terhadap kepuasan pasien Puskesmas Adiarsa Karawang. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(2), 83-91.

https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/928




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v8i3.2690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats