EVALUASI PELAKSANAAN KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS (KB) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA PADANG PANJANG

Shinta Angellina, Rilly Yane Putri, Pagdya Haninda Nusantri Rusdi

Abstract


Kampung Keluarga Berkualitas (KB) bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta Pembangunan sektor terkait daiam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Penenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi Pelaksanaan Program Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Padang Panjang Tahun 2019.

Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Juli di Kota Padang Panjang. Data Penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara mendalam dengan petugas yang berhubungan langsung di wilayah kampung KB dan informan penelitian diambil dari 1 orang PLKB, 3 Orang Kader, 1 KABID KB Dinas Sosial.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya SDM, masih adanya sebagian program yang belum berjalan, untuk dua kampung KB telah terlaksana dengan baik dan mejalankan program-program atau kegiatan dengan lancar. Satu kampung KB mengalami kendala dalam berprogram dan melakukan kegiatan.


Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa program kampung KB di Kota Padang Panjang belum optimal, masih terdapat kendala seperti kurangnya SDM kurangnya minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan. Program ini sebaiknya ditingkatkan sosialisasi kepada masyarakat serta penambahan SDM. Dan untuk sarana juga belum memadai, sedangkan prasarananya sudah. Pelaksanaan tiga kampung KB masih memiliki masalah masing-masing dalam melaksanakan kegiatannya

Kata Kunci   : Kampung KB, Pelaksanaan Kampung KB

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v8i3.2698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats