FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN NEONATUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK KILANGAN

zuraida zuraida

Abstract


Berdasarkan survei Riset Kesehatan Dasar Depkes 2014, kematian bayi baru lahir (neonatus) merupakan penyumbang kematian terbesar pada tingginya angka kematian bayi (AKB).Target kunjungan neonatal pada tahun 2015 adalah 90%, sedangkan berdasarkan hasil studi pendahuluan di Puskesmas Lubuk Kilangan Padang didapatkan pencapaian target tersebut pada tahun 2015 belum tercapai maksimal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan neonatus di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Padang tahun 2016.

Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi berumur lebih dari 28 hari  di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Padang yang melakukan kunjungan neonatus yaitu 56 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Total Sampling.Data diperoleh dengan metode pengisian kuesioner.Analisa data menggunakan uji statistic chi square.

Hasil penelitian didapatkan 57,1% responden yang memiliki pengetahuan yang rendah, 55,4 % responden yang memiliki sikap negatif, 67,9% responden yang tidak bekerja, 55,4% responden yang kunjungan neonatusnya tidak tercapai. Hasil uji statistic menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan (p = 0,009), sikap (p = 0,004), pekerjaan (0,000) dengan kunjungan neonatus.

Disimpulkan lebih separuh ibu yang melakukan kunjungan neonatus tidak tercapai yang disebabkan karena pengetahuan yang rendah, sikap yang negatif, dan ibu tidak bekerja. Diharapkan pada pihak petugas Puskesmas agar diupayakan peningkatan kerjasama yang baik dengan pihak PKK, Kader Posyandu dalam rangka pemberian informasi tentang pentingnya kunjungan neonatus, dan petugas Puskesmas menyarankan pada ibu hamil dapat melakukan kunjungan Neonatus.

 

 

Kata Kunci         : Pengetahuan, Sikap, Pekerjaan, Kunjungan Neonatus


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v1i2.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia

© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats