GAMBARAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT

Anisa Sri Utami, Rista Nora, Riche Marcahnnela, Yunita Zahra

Abstract


Komunikasi merupakan metode yang paling penting dalam pelayanan kesehatan. Saat ini banyak terjadi kesalahan medis dan ketidakpuasan pasien akan pelayanan akibat dari komunikasi terapeutik yang kurang diterapkan. Oleh karena itu peneliti ingin menggambarkan kompetensi komunikasi terapeutik perawat. Penelitian ini dilakukan di RST Bukittinggi di ruangan rawat inap interne sebanyak 16 orang perawat. Hasil penelitian ini mengatakan gambaran kemampuan komunikasi terapeutik berdasarkan empat indikator yaitu memberikan pesan yang jelas 87.5% dalam kategori sedang, mendengarkan 93.8% dalam kategori sedang, memberikan tanggapan 93.8% dalam kategori sedang  dan penanganan emosional 100% dalam kategori sedang. Sehingga di harapkan bagi rumah sakit terus melakukan upgrade ilmu tentang komunikasi terapeutik dan supervise dari atasan untuk komponen komunikasi ini yang akhirnya dapat meningkatkan kepuasan pasien.


Full Text:

PDF

References


Anjaswarni, T. (2016). Komunikasi dalam Keperawatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Arumsari, D. P., Emaliyawati, E., & Sriati, A. (2017). Hambatan Komunikasi Efektif Perawat Dengan Keluarga Pasien Dalam Perspektif Perawat. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 2(2), 104. https://doi.org/10.17509/jpki.v2i2.4745

Fitria, N., & Shaluhiyah, Z. (2017). Analisis Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat di Ruang Rawat Inap RS Pemerintah dan RS Swasta. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 12(2), 191. https://doi.org/10.14710/jpki.12.2.191-208

Izumi, S., Furusawa, Y., Bansho, M., & Tonomura, I. (2017). Identification of communication skills that improve patient safety culture: analysis of a communication skills training program for university hospital staff. Japanese. Journal of Comprehensive Rehabilitation Science, 8, 88–97. https://doi.org/10.11336/jjcrs.8.88

Khairani, M., Salviana, D., & Bakar, A. (2021). Kepuasan Pasien Ditinjau dari Komunikasi Perawat- Pasien. Penelitian Psikologi, 12(1), 25–27.

Khoir, M., Fauzi, A., & Holis, W. (2020). Therapeutic Communication Skills of Nurses in Hospital. International Journal of Nursing and Health Services, 3(2), 686–694. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v3i2.197

Kornhaber, R., Walsh, K., Duff, J., & Walker, K. (2016). Enhancing adult therapeutic interpersonal relationships in the acute health care setting: An integrative review. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 9, 537–546. https://doi.org/10.2147/JMDH.S116957

Maulana, D. L., & Iklima, N. (2018). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Perawat Tentang Komunikasi Terapeutik di Ruang Tenang Rs.Jiwa. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 561–566.

Siregar, N. S. S. (2016). Komunikasi terapeutik dokter dan paramedis terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan pada rumah sakit bernuansa islami di kota Medan.

Syagitta, M., Sriati, A., & Fitria, N. (2017). Persepsi Perawat Terhadap Pelaksanaan Komunikasi Efektif di IRJ Al – Islam Bandung. Jurnal Keperawatan, V(2), 140–147.

Transyah, C. H., & Toni, J. (2018). Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Endurance, 3(1), 88. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2487

Weber, K., & Farrell, T. (2016). Developing therapeutic communication skills: integration of standardized client simulation in an associate degree nursing program. University of Nevada Las Vegas. https://digitalscholarship.unlv.edu/thesesdissertations/2833/




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v9i2.2990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats