PENGARUH SENAM DISMENORHEA TERHADAP TINGKAT NYERI HAID (DISMENORHEA) PADA REMAJA PUTRI DI RUMAH TAHFIZ NURUL QALBI KOTA PADANG

Trya Mia Intani, Defi Yulita

Abstract


Kejadian angka dismenorhea menurut data WHO sebesar 50 % dari setiap perempuan yang ada didunianya sedangkan di Indonesia angka dysmenorrhea yaitu 54,89% dysmenorrhea primer dan 9,36% dysmenorrhea sekunder. Dismenorhea merupakan nyeri selama menstruasi yang disebabkan adanya jumlah prostaglandin F2a yang berlebihan pada daerah menstruasi, yang merangsang hiperaktivitas uterus dan terjadinya kejang otot uterus. Senam dismenorhea merupakan aktivitas fisik yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri karena menghasilkan hormon endorphin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam dismenorhea terhadap tingkat nyeri haid (dismenorhea) pada remaja putri di Rumah Tahfiz Nurul Qalbi Kota Padang Tahun 2022.

Metode Penelitian adalah experimental dengan pendekatan one group pretest – posttest. Populasi penelitian ini adalah semua remaja putri yang berada di Rumah Tahfiz Nurul Qalbi Kota Padang sebanyak 120  orang Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini Purposive Sampling. Jumlah sampel minimal yang dibutuhkan dalam  penelitian ini adalah 30 responden yang mengalami dismenorhea. Analisa data menggunakan Uji Wilcoxson.

Hasil penelitian didapatkan didapatkan rata – rata nyeri haid (dismenorhea) yang dialami remaja putri sebelum dilakukan senam dismenorhea yaitu nyeri sedang (4.35)  sedangkan  remaja putri sesudah dilakukan senam dismenorhea  yaitu nyeri ringan (3.09). Hasil uji statistik diperoleh nilai p =0,000 maka dapat disimpulkan adanya pengaruh senam dismenorhea terhadap tingkat nyeri haid (dismenorhea) di Rumah Tahfiz Nurul Qalbi Tahun 2022.

Kesimpulan penelitian ini terdapat adanya pengaruh senam dismenorhea terhadap tingkat nyeri haid (dismenorhea) di Rumah Tahfiz Nurul Qalbi. Disarankan agar dapat menerapkan media video senam dismenorhea sebagai alat intervensi dan penanganan dalam mengurangi tingkat nyeri haid pada remaja putri baik dipelayanan kesehatan dan fasilitas pendidikan.

Kata kunci : Senam dismenorhea, nyeri haid, remaja


Full Text:

PDF

References


___________. 2016. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Kemenkes RI.

Andriana, Aldriana, N., Andria. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi di Universitas Pa ngaraian. Jurnal Materniti and Neonatal.2 (5): 271

BKKBN. 2018. Survey Kinerja dan Akuntabilitas Program KKBPK (SKAP)Remaja

Cahyono AD. Pengaruh pemberian kunyit asam terhadap dismenore. JAKP. 2018;3(1): 28-33

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Tahun 2013 : Badan Penelitian san Pengembangan Kesehatan

Kemenkes. 2016. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Kemenkes RI

Laili, Nurul (2012). Perbedaan Tingkat Nyeri Haid (Dismenorhea) Sebelum dan Sesudah Senam Dismenorhea Pada Remaja Putri Di SMAN 2 Jember, Universitas Jember, Jawa Timur. (Skripsi)

Lina Susanti. 2017. Pengaruh Senam Dismenorhea Terhadap Penurunan Dismenorhea Pada Mahasiswi Tingkat 2 Keperawatan. Stikes Bakti Husada Mulya Madiun

Muslatin. 2020. Hubungan Stress Dengan Siklus Menstruasi Pada Wanita Pekerja Di Desa Palemkerep Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara.

Novadela, Nora Isa Tri, Rosmadewi, Eka Wahyuni, (2017), Pengaruh Senam Dismenorhea Terhadap Tingkat Dismenorhea Pada Remaja Putri, Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai Volume X No.1 Edisi Juni 2017 ISSN 19779-469X

Nuraeni. 2017. Pengaruh Senam Dismenore Terhadap Penurunan Nyeri Pada Remaja Putri SMK 1 Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar

Putri, Indah Nilvia, (2020), Pengaruh Senam Dismenorhea terhadap nyeri haid remaja putri di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu, Poltekkes Kemenkes Bengkulu (Skripsi)

Rofli Marlinda & Rosalina 2013. Pengaruh Senam Disminore Terhadap Penurunan Disminore Pada Remaja Putri Di Desa Sidoarjo Kecamatan Pati. Jurnal Keperawatan Martenitas, 1(2),118-123.

Serly Tudoho & Rina Kundre. 2019. Hubungan Stress Psikologis Dengan Siklus Menstruasi Pada Siswi Kelas 1 Di SMAN 3 Tidore

Solihatunnisa, Ica. 2019. Pengaruh Senam Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Saat Dismenore Pada Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan UIN Syarif Hidayatulloh. Skripsi. Jakarta: UIN syarif Hidayatulloh.

Syamsuryanita, Nurul Ikawati, (2022), Perbedaan Pemberian Air Jahe dan Air Kelapa terhadap penurunan nyeri haid pada remaja putri di SMAN 3 Makasar Tahun 2020, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 2 No 9 Februari 2022.

Triangto, Michael, 2019. 7 Gerakan Streching Untuk Mengurangi Nyeri Haid. Jakarta Pos

Ulfa, Tatiek Febriani. 2017. Pengaruh Senam Dysmenorhea Terhadap Skala Nyeri Dysmenorhea Pada Remaja Putri Di Smp Ali Maksum Yogyakarta Tahun 2015. Skripsi

Wahyuningsih, Sri, (2021) Pengaruh Senam Dismenorhea Terhadap Tingkat Nyeri Pada Remaja Putri, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Weny Sartiwi (2019). Analisis Pengetahuan Siswi Terhadap Penatalaksanaan Dismenore Di SMP Negri 12 Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v9i2.2998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats