PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ISPA MELALUI CERAMAH DAN LEAFLET DI PUSKESMAS ELLY UYO JAYAPURA
Abstract
Tingginya kasus ISPA dapat disebabkan oleh rendahya pengetahuan ibu tentang ISPA. Metode penyuluhan yang tepat dapat dikembangkan agar membantu meningkatkan pengetahuan ibu tentang ISPA. Metode penelitian yaitu deskripsif kuantitatif dengan desain Quasi eksperimental pre dan post test. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling, berjumlah 48 responden pada Posyandu Tunas dan Maranatha. Hasil penelitian analisis univariat didapatkan karakteristik demografi responden kelompok intervensi dan kelompok kontrol terbanyak berumur 21-30 tahun, berpendidikan SMU/Sederajat dan S1/S2, dan tidak bekerja/ibu rumah tangga. Hasil analisis uji Wilcoxon pada kelompok intervensi diperoleh nilai p-value = 0,001, artinya terdapat peningkatan pengetahuan ibu balita tentang ISPA melalui metode ceramah dan media leaflet di Posyandu Tunas. Penggunaan metode ceramah dengan bantuan media leaflet dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang ISPA.
Kata Kunci: Pengetahuan, ISPA, Ceramah, Leaflet
Full Text:
PDFReferences
Aisah, S., Yani, A., Miswan, & Rafiudin. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYAKIT ISPA PADA ANAK BALITA DESATINOMBO KECAMATAN TINOMBO KABUPATEN PARIGI MOUTONG FACTORS RELATED TO ACUTE RESPIRATORY INFECTION (ARI) AT TODDLERS IN TINOMBO OF PARIGI MOUTONG REGENCY. 629–641. https://doi.org/https://doi.org/10.56338/jks.v1i1.396
Anggraini, N., & Setiawan, A. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG KEJADIAN ISPA PADA BALITA. Jurnal Antara Keperawatan, 2(1), 20–22.
Fatmawati, T. Y. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Leaflet terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Penatalaksanaan Ispa pada Balita di Posyandu. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 227–234.
Hassen, S., Getachew, M., Eneyew, B., Keleb, A., Ademas, A., Berihun, G., Berhanu, L., Yenuss, M., Natnael, T., Kebede, A. B., & Sisay, T. (2020). Determinants of acute respiratory infection (ARI) among under-five children in rural areas of Legambo District, South Wollo Zone, Ethiopia: A matched case–control study. International Journal of Infectious Diseases, 96, 688–695. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.05.012
Hursepuny, J., Nompo, R., & Arvia, A. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG INFEKSI SALURAN NAPAS AKUT (ISPA) TERHADAP PENGETAHUAN KELUARGA DI RUANG IGD RSUD JAYAPURA. Sentani Nursing Journal, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.52646/snj.v3i1.37
Jalil, R., Yasnani, Y., & Sety, L. O. M. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KABANGKA KECAMATAN KABANGKA KABUPATEN MUNA TAHUN 2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 3(4), 1–8.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar 2018.
Kisman, Supodo, T., Munir, S., & Banudi, L. (2020). PENGARUH PEMBERIAN METODE PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU BALITA TENTANG STUNTING. Media Gizi Pangan, 27(1), 86–97.
Magfiroh, S. D., Ninuk, D. K., & Kristiawati. (2019). Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi dan Ceramah Meningkatkan Kemampuan Latihan Batuk Efektif pada Anak Usia Sekolah. Critical Medical and Surgical Nursing Journal , 1(1), 1–11.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Ririnisahawaitun., I. DA. (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan pencegahan penyakit menular ISPA pada balita di Desa Kalibambang Wilayah Kerja Puskesmas Lenek. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 7(2), 49–53.
Sidabutar, S., & Waruwu, C. J. (2022). Metode ceramah dan media leaflet terhadap pengetahuan ibu dalam pencegahan ISPA. Window of Health: Jurnal Kesehatan, 5(4), 706–712.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Alphabet.
DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v9i2.3004
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798