PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KESEHATAN REPRODUKSI

Ida Mariana

Abstract


Sistem pembelajaran Teacher Centered Learning yang proses belajar mengajar berpusat pada guru atau dosen, terlebih kurang dalam pemanfaatan media yang ternyata membuat siswa/mahasiswa pasif karena hanya mendengarkan sehingga kreativitas mereka kurang terpupuk atau bahkan cenderung tidak kreatif. Seiring berkembangnya teknologi, dunia pendidikan juga mengalami perubahan dan perkembangan di zaman yang serba teknologi ini. Saat ini pendidikan juga disiapkan untuk generasi muda agar mampu bertahan dan mampu beradaptasi pada dunia teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis animasi untuk Pengetahuan kesehatan remaja di Sekolah Menengah Atas 10 Padang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik remaja diKelas X di SMA 10 Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penilaian dalam bentuk Googleform. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif baik berupa data kualitatif dan kuantitatif dengan software SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis animasi untuk pengenalan Kesehatan Reproduksi Remaja menunjukkan hasil yang valid dengan nilai  rata-rata persentase yaitu 58,97%. Item evaluasi mahasiswa valid (r= 0,553) item tersebut reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha yaitu 0,807. Media interaktif berbasis animasi sebagai media pembelajaran pengenalan kesehatan reproduksi layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Al Faraby, M. C., & Hakim, W. (2021). Inovasi Video Based Learning Dalam Meningkatkan Interaksi Pada Proses Belajar Mengajar. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 43-56.

Kristanto, S. A., Harti, H., & Patrikha, F. D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA KULIAH SALESMANSHIP. Jurnal PROFIT, 8(2), 84-94.

Ganiajri, F. (2012). Perbedaan pemanfaatan multimedia flash dan ceramah sebagai media pendidikan kesehatan reproduksi remaja bagi remaja awal di SMP Negeri 3 Turi kabupaten Sleman. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 1(2), 18825.

Meianti, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual PowToon Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Kelas X Pemasaran SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2).

Isfandira, H. B., Sutama, M. P., & Hernawan Sulistyanto, S. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Untuk Pengenalan Huruf Dan Angka Pada Anak Di Ba Aisyiyah Tejobang Simo Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ngenda, F. V., Ajizah, A., & Amintarti, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon pada konsep tumbuhan lumut dan paku-pakuan kelas X SMA. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 136.

Sulistia, C. D., Maria, F. K., Fatriani, J. C., & Hartono, T. P. RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEX EDUCATION BAGI ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3.

Setiawan, H., Adi, S., & Ulfah, N. H. (2017). Pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay sebagai media promosi kesehatan tentang kesehatan gigi dan mulut pada siswa kelas V SDN Percobaan 02 Kota Malang. Preventia Jurnal, 2(2).

Syahputra, A. Y. (2016). Pengembangan media promosi perumahan berbasis virtual reality deskriptif interaktif (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Yusuf, T. A., & Sekarpuri, A. D. (2022). Edukasi melalui Medsos guna Optimalisasi Kemampuan Sosial Emosional dan Kesehatan Reproduksi Remaja di Sulawesi Barat. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 3(4), 169-176.

Murtiningsih, M., & Latif, H. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Audio Visual Melalui Youtube Prosedur Keperawatan Maternitas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayakarta. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 302-309




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v10i1.3334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats