Pengaruh Pemberian Audiovisual Cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Terhadap Perilaku Siswa SDN 10 Lambung Bukit

dina ediana, waldi rahman

Abstract


Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) adalah cara mudah dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit khususnya yang berkaitan dengan saluran pencernaan dan pernapasan. dengan mencuci tangan pakai sabun dapat memutus mata rantai penularan penyakit. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Padang tahun 2015, pada urutan ke-3 adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman penyakit seperti penyakit kulit karena infeksi dengan jumlah kasus 18.729 kasus. Serta diare berada pada urutan ke-7 dengan jumlah 8.466 kasus. Sedangkan diare tertinggi berada pada wilayah kerja Puskesmas Pauh dengan jumlah 784 kasus pada tahun 2015.

Penelitian dilaksanakan bulan Juli hingga Agustus 2016, bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Perilaku Sebelum dan Sesudah Penyuluhan CTPS dengan Metode Audiovisual Terhadap Siswa SDN 10 Lambung Bukit Kota Padang Tahun 2016, dimana penelitian ini dilakukan dengan dua kali uji perlakuan yaitu uji sebelum perlakuan (Pretest) dan uji sesudah perlakuan (Postest). Dengan metode Audiovisual. Serta kegiatan demonstrasi CTPS di depan kelas oleh siswa.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan siswa SDN 10 Lambung Bukit Kota Padang sebelum dan sesudah Penyuluhan CTPS dengan metode Audiovisual maka diperoleh selisih rata-rata pengetahuannya 13,9 dan sikap 12,4 dan tindakan 2,5. Hasil Uji statistik diketahui perbedaan rata-rata pengetahuan, sikap dan tindakan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian audiovisual, dengan  nilai P < 0,05.

Untuk itu perlu adanya peningkatan dari pihak sekolah agar menambah sarana promosi kesehatan serta penambahan perbaikan fasilitas sanitasi yang disertai kebijakan dan peraturan oleh kepala sekolah dan guru yang dapat diterapkan kepada siswa agar siswa senantiasa terbiasa menerapkan CTPS di sekolah dan kehidupan sehari-hari.

 

Pengaruh Pemberian Audiovisual Cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Terhadap Perilaku Siswa SDN 10 Lambung Bukit

Kota Padang Tahun 2016


Full Text:

PDF

References


Achmadi, F. U (2013). Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Rajagrafindo Persada

A.Wawan, Dewi, M (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Nuha Medika

Depkes RI Panduan Penyelenggaraan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) Kedua.

Devi, E. S (2013). Pengaruh Penyuluhan Media Audiovisual Video terhadap Tingkat Pengetahuan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada Kader Posyandu di Tejokusuman RW 04 Notoprajan Yogyakarta.

Dinkes Kota Padang (2014). Profil Kesehatan Kota Padang Tahun 2014.

Hastono, S. P (2006). Basic Data Analysis for Health Research Training. Depok, SPH

Kapti, R. E (2010). Efektivitas Audiovisual sebagai Media Penyuluhan Kesehatan terhadap Tingkat Perilaku Ibu dalam Tatalaksana Balita dengan Diare di Dua Rumah Sakit Kota Malang

Kepmenkes RI (2015). Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019. No. HK.02.02/MENKES/52/2015.

Kholid, A. (2012). Promosi Kesehatan. Jakarta, Rajawali Pers.

Maryunani, A. (2013). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta Trans Info Media.

Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta, Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan dan Aplikasi Jakarta, Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan Edisi Revisi 2012. Jakarta, Rineka Cipta.

Pratama, R. K. O. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan pPengetahuan, Sikap dan Perilaku Tentang Kebiasaan Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa SDN 1 Mandong. Ilmu Kesehatan. Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prihatin, L. (2015). Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun di SMP N 2 Mojolaban Sukoharjo. Ilmu Kesehatan Surakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kusuma Husada.

Profil Kesehatan (2014). Profil Kesehatan Sumatera Barat Tahun 2014.

Puskesmas Pauh (2015). Laporan Tahunan Puskesmas Pauh.

Sari, F. N. (2013). Pengaruh Promosi Kesehatan Tentang PHBS Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan Perilaku CTPS pada Ibu-Ibu di Pengajian 'Aisyiyah Ranting Bangun Tapan Bantul Yogyakarta Tahun 2013. Ilmu Kesehatan. Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan 'Aisyiyah Yogyakarta.

Wati, R. (2011). Pengaruh Pemberian Penyuluhan PHBS Tentang Mencuci Tangan Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Pada Siswa Kelas V di SDN Bulukantil Surakarta. Fakultas Kedokteran. Surakarta, Universitas Sebelas Maret.

Widoyono (2011). Penyakit Tropis Epidemiologi, Penularan, Pencegahan, dan pemberantasannya. Edisi Kedua. PT Gelora Aksara Pratama.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v1i3.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia

© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats