DESKRIPSI PENERAPAN PATIENT SAFETY PADA PASIEN DI BANGSAL BEDAH

Imelda R Kartika

Abstract


Rumah sakit merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk pemulihan dan pemeliharaan kesehatan yang lebih baik. Patient safety merupakan prioritas utama untuk dilaksanakan di Rumah Sakit dan hal itu terkait dengan isu mutu dan citra Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan patient safety di bangsal bedah RSUD DR. Achmad Mochtar Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitik dengan tujuan menganalisa hasil persepsi pasien tentang manajemen penerapan patient safety oleh perawat. Sampel sebesar 167 orang diambil menggunakan accidental sampling, dengan kriteria inklusi adalah pasien yang telah dirawat minimal 3 hari di ruangan agar terlihat bagaimana perawat menerapkan patient safety. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariate menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan 104 responden (62%) mengatakan dengan manajemen patient  safety tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan patient safety  oleh perawat di ruang bedah yang paling baik dilakukan adalah dalam hal memberikan lembar persetujuan sebelum melakukan tindakan operasi dengan mean 3,90 (range 4), dimana hal ini penting dilakukan sebagai bentuk inform concent bagi pasien. Diharapkan rumah sakit dapat mempertimbangkan manajemen penerapan patient safety sebagai rujukan sehingga perawat dapat bekerja secara optimal.

 


 


Keywords


patient safety, manajemen, bangsal bedah

Full Text:

PDF

References


Alfiah, Nurhidayah. 2016. “Gambaran Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien Oleh Perawat Pelaksana Di Unit Rawat Inap RSUD Haji Padjonga Daeng Ngalle Kabupaten Takalar”. (Skripsi). Makasar : Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri (UIN) Makasar.

Andriani, Aida. 2017. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi”. Journal Endurance 2 (1) February 2017 (45-52).

Bawelle, S. C., Sinolungan, J., & Hamel, R. S. (2013). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT DENGAN PELAKSANAAAN KESELAMATAN PASIEN. Ejournal Keperawatan (e-Kp), 1(1), 1–7.

Gunawan, Widodo, F. Y., & Harijanto, T. (2015). Analisis Rendahnya Laporan Insiden Keselamatan Pasien di Rumah Sakit An Analysis of Low Adverse Error Reporting at Hospital. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28(2), 206–213. Retrieved from jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/download/962/479

Iswati. 2013. “Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit”. E-journal Keperawatan (E-Kp) Vol. 2 No. 2, Juni 2013.

Kartika, I. R., Hariyati, R. T. S., & Nelwati. (2018). Kompetensi Perawat Dan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Rawat Jalan. NERS : Jurnal Keperawatan, 14(2), 46–54.

Kartika, I. R., & Melani, V. (2017). APPLICATION OF „ SIX RIGHTS ” ON MEDICATION ADMINISTRATION BY NURSE AND PATIENT SATISFACTION. Jurnal INJEC, 2(2), 178–183.

KemenKes, RI. 2011. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1691/MenKes/Per/VIII/2011 Tentang Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Jakarta.

Lombogia, A. (2016). Hubungan Perilaku Dengan Kemampuan Perawat Dalam Melaksanakan Keselamatan Pasien (patient safety) di Ruang Akut Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 4(2), 1–8.

Mudayana, A. A. (2014). PERAN ASPEK ETIKA TENAGA MEDIS DALAM PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT. Supplemen Majalah Kedokteran Andalas, 37(1), 69–74.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 3 dan Edisi 4. Jakarta : Salemba Medika

Triwibowo, Cecep. (2013). Manajemen Keperawatan di Rumah Sakit. Jakarta: Trans Info Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v4i2.455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats