PENGARUH PEMBERIAN SENAM YOGA TERHADAP KESEIMBANGAN STATIS PADA LANSIA 2019

siti munawarah

Abstract


Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan proyeksi pusat tubuh pada landasan penunjang baik saat berdiri, duduk, transit dan berjalan.  Menurut hasil survey awal jumlah lansia 31% sampai 48%  lansia jatuh karena gangguan keseimbangan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pemberian senam yoga terhadap keseimbangan statis lansia di puskesmas Tigo Baleh Bukittinggi. Desain penelitian ini adalah Quasi eksperiment desaign one grup PreTest-PostTest. Menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, teknik pengambilan sampel purposive  sampling dengan sampel 30 responden dengan alat ukur tinetti sebelum dan sesudah 6 kali perlakuan pada tanggal 25 Mei sampai 22 Juni 2019.

Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata sebelum di berikan Senam Yoga 18.50 dan sesudah di berikan Senam Yoga 25.33 dan P-value 0,0005 < (0,05 = Alpha). dengan itu ditarik kesimpulan ada pengaruh pemberian senam yoga terhadap keseimbangan statis pada lansia.

Dapat disimpulkan bahwa pemberian Senam Yoga dapat meningkatkan keseimbangan statis pada lansia. Dan disarankan kepada lansia untuk menerapkan latihan senam yoga untuk mempertahankan keseimbangan.


Keywords


Senam Yoga Terhadap Keseimbangan Statis Pada Lansia.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v4i2.465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats