ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS RAWAT INAP KABUPATEN PASAMAN 2019

herman harun

Abstract


Mutu pelayanan kesehatan di puskesmas adalah produk akhir dari interaksi dan ketergantungan yang rumit antara berbagai komponen atau aspek pelayanan. Pelayanan puskesmas yang bermutu akan menjadi salah satu faktor penentu upaya peningkatan status kesehatan masyarakat Tujuan penelitian ini mengetahui analisis mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di puskesmas rawat inap kabupaten pasaman tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain crossectional study. Sampel penelitian adalah 195 responden di PKM Rawat Inap Kabupaten Pasaman. Untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien dilakukan analisis dengan uji chis-quare dan Uji Regresi Logistik Berganda. dengan derajat kepercayaan 95 %. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan analisis dengan menggunakan uji chi-square diperoleh ada hubungan reliability (0,023), responsiveness (0,018), assurances (0,009), empathy (0,005), tangibles (0,0005) dengan Kepuasan Pasien di PKM rawat inap Kabupaten Pasaman tahun 2019. Hasil multivariate diperoleh dari 5 variabel, 1 variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien yaitu tangibles (0,0005). Kepada Petugas Kesehatan dapat mengidentifikasi dan mengevaluasi mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien terutama di Puskesmas.


Keywords


Kata kunci : Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Aliman & Mohamad, 2016. Linking Service Quality, Patients’ Satisfaction and Behavioral Intentions: An investigation on Private Healthcare in Malaysia. Journal Science Direct, Social and Behavioural Science. 224 , pp : 141-148.

Azwar, Saifuddin. 2010. MetodePenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Andriani,A. 2017.Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Ruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Journal Endurance,2, 45–52

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. 2015. BPJS Pentingkan Kualitas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. http://bpjs_kesehatan.go.id [diakses tanggal 6 Mei 2019].

Bustami, 2011. Penjaminan mutu dan aseptabilitas Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga

Carinci, Van Gool, Mainz, Pichora, Veillard, Januel, Arispe, Kim. 2015. Towards Actionable Intenrational Comparisons of Helath System Performance : expert revision of the OECD framework and quality indicators. International Journal for Quality in Helath Care, vol 27 (2), pp: 137-146.

Chinglin, Xirasagars, Laditka JN. 2004. Patient Perceptions of Service Quality in Group Versus Solo Practice Clinics. International Journal for Quality in Helath Care, vol 16 : Oxford University.

Effendi, Rustam, dkk. 2013.Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Aeng Towa Kabupaten Takalar. Universitas Hasanuddin.

Handayani, Fitri. 2016. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Puskesmas Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong. Palu: Universitas Tadulako

Hermanto,Dadang. 2010. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur. [Tesis] Program Study Magister Kesehatan Masyarakat Konsentrasi. Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Minat Manajemen Kesehatan Ibu dan anak. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro. Semarang.

Idris, E. 2012. Hubungan Dimensi mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruangan Rawat Inap RSUD Pariaman Tahun 2012. Skripsi. Sumatera Barat.

Jabbar, Karmilasari. 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Kembali Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Jongaya Kota Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Lisa Setia, Ruslan Muhyi, Husaini .2016. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Persepsi Kepuasan Pasien Di Laboratorium Puskesmas Kota Banjarbaru Tahun 2016 .Jurnal berkala kesehatan, Vol. 3, No. 1: 9-17

Monika, Chreisye and Paul. 2015. Hubungan antara Mutu Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Teling Atas Kota Manando. Jurnal Ilmiah Farmasi : 4(4) pp 1-9.

Meesala,A.,&Paul,J. 2018. Service Qualty,Consumer Satisfatction and Loyalty in Hospitals: Thinking for The Future. Journal of Retailing and Consumer Services, 40, 261–269.

Mitropoulos,P.,Vasileiou,K.,& Mitropoulos,I.(2018).Understanding Quality and Satisfaction in Public Hospital Services: A nation wide Inpatint Survey in Greece. Journal of Retailing and Consumer Services, 40, 270–275.

Mosadeghrad, A. M. 2014. Factors Influencing Health care Service Quality. International Journal of Health Policy and Management, 3(2), 77–89.

Mullins, John W. Dan Orville C. Walker, JR. 2010. Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, Seventh Edition. (New York: McGraw-Hill Companies Inc.)

Nofiana, H., & Sugiarsi, S. 2011. Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Jurnal Kesehatan, 5(1), 90–106)

Notoatmodjo, 2012. Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta

Olgun, Ibrahim, Ceilan. 2014. The Impact Of Service Quality Dimension on Patient Satisfaction, Repurchase Intentions and Word Of Mouth Communication in the Public Helathcare Industry. Science Direct Journal, Social and Behaviour Science. 161-169.

Peraturan Menteri Kesehatan. 2014. PMK Nomor 75 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pohan,S. Pohan.2007.Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC

Pratiwi. Rezki Dini. 2016 Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Minat Berkunjung Kembali Di Puskesmas Soropia Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. Universitas Halu Oleo

Putri, V. A. 2016. Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di puskesmas pauh pariaman kota pariaman tahun 2016.Skripsi. STIkes Fort De Kock.

Respati, S. A. 2015. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat

Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Halmahera Kota Semarang. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Saeed Hosseini Teshnizi, Teamur Aghamolaei, Kobra Kahnouji, Seyyed Mehrdad Hosseini Teshnizi, And Jalil Ghani. Assessing quality of health services with the SERVQUAL model in Iran. A systematic

review and meta-analysis .2018. International Journal for Quality in Health Care, 30(2), 82–89

Stephen, Tony, Summaya and Richard. Patient Satisfaction with Primary Health Care Service in the United Arab Emirates. International Journal For Quality in Helath. Vol 15 (3), pp : 241-249.

Sri. 2015. Hubungan antara Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Perwatan RSUD Sualltan Syarief Mohammad Alkadrie. Jurnal Keperawatan. Pp : 1-11

Suprianto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta:. Rineka Cipta

Tando.MNaomy, 2013. Organisasi dan Managemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta:In Media

Trimurthy, Iga. 2008. Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Semarang: Universitar Diponegoro

Wijono.D. 2010. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Teori, Strategidan aplikasi, Surabaya: Airlangga University Press.

WHO.2012. www.who.int.Anonim. 2012. Diaksestanggal :11 april 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v4i3.500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia

© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798