HUBUNGAN KARAKTERISTIK STAF DAN TIM KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT TIPE B TAHUN 2015

nahrul nahrul hayat

Abstract


Karakteristik staf dan tim kerja yang berbeda-beda dalam menyelesaikan suatu pekerjaan akan mengalami penurunan atau peningkatan kepuasan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan karakteristik staf dan tim kerja dengan kepuasan kerja. Desian penelitin deskriptif analitik dengn pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sampel simple random sampling dengan jumlah sampel 217 responden. Hasil penelitian. Karakteristik staf  berjenis kelamin perempuan 95%, umur >30 tahun 60%, berpendidikan vokasional 86,43%, dan lama bekerja >5 tahun 67,14%. Tim kerja sebagian besar tidak baik (kerjasama 57,86%, kepercayaan 56,43, dan kekompakan 73,57%) dan 56,42% tidak puas dengan pekerjaan. Analisa Bivariat menunjukkan hubungan yang bermakna antara kerjasama, kepercayaan, kekompakan dengan kepuasan kerja (P < 0,05). Analisa multivariat hubungan yang paling bermakna adalah  kekompakan dengan nilai OR 33,678. Manajemen Rumah Sakit diharapkan dapat menciptakan hubungan interpersonal yang baik dalam tim kerja sehingga tercipta kepuasan kerja yang tinggi.

Staff Characteristics and team work vary in finishing a job to be decreased or increased job satisfaction. The aim of this study was to examine the relationship characteristics of the staff and team work and job satisfaction. Desian research is conducted with less analytic descriptive cross sectional study, the sampling technique is simple random sampling with a sample of 217 respondents. Research result. Characteristics staff 95% female, age> 30 years 60%, 86.43% vocational education, and long working> 5 years 67.14%. Most of the work team is not good (cooperation 57.86%, 56.43 belief, and compactness 73.57%) and 56.42% were not satisfied with the work. Bivariate analysis showed a significant association between co-operation, trust, teamwork and job satisfaction (P <0.05). Multivariate analysis of the most significant relationship is compactness with OR 33.678. Hospital management is expected to create good interpersonal relationships in work teams so as to create job satisfaction is high.


Keywords


Kepuasan Kerja;Karakteristik Staf;Tim Kerja

Full Text:

PDF

References


Athoillah, Anton. 2010. Dasar-Dasar Manajemen.: C.V Pustaka Setia. Bandung

Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, cetakan keenam, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Arofi, Mulyani, Tety. 2006. Hubungan kohesifitas kelompok dengan kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Islam Sukapura Jakarta Utara.Fakultas Ilmu Keperawatan UI, http://lib.ui.ac.id/harvest/index. php/record/ view/405640, diakses tanggal 20 maret 2015

As’ad, Moh. 2004. Psikologi Industri. Edisi keempat.: Penerbit Liberty Yogyakarta

Chen YM. 2008. Nurses’work environment and satisfaction, http://proquest.umi.com/pqdweb?index=33&did=1500068371&Srchmode=1&sid=2&Fmt=6&VInst=PROD&VType=PQT=309&VName=PQD&TS=1264563730&clientId=45625 diakses pada 20 maret 2015

Darsono, P. 2011. Managemen sumberdaya manusia abad 21. Nusantara Consulting: Jakarta

Depkes. 2009. Sistem Kesehatan Nasional RI: Jakarta

Edi waryanto. 2010. Hubungan lingkungan kerja dan karakteristik individu dengan kepuasan kerja perawat di rumah sakit umum daerah tugurejo semarang. Tesis FK-UI

Eman, Sido. 2004. Analisis Hubungan Persepsi Karyawan Terhadap Pelaksanaan Tqm Dengan Kepuasan Umum Dan Kepuasan Kerja Karyawan Di Rsud Ambarawa. Tesis FKM Universitas Diponegoro.

Gillies DA. 1996. Nursing Management: A System Approach. 2end ed. Philadelphia: WB Sauders Company

Greenberg edwar S. 2005. “work teams and organization commitment exploring the influence of the team experience on employee attitude (working paper). institute of behavioral science, University of Colorado, boulder.

Handoko T. 2001. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Penerbit BPFE-Yogyakarta.

Hasibuan, H. M. S. P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara: Jakarta. (Halaman 202-207).

Huber, D. 2006. Leadership And Nursing Care Management. Philadelpia: Suners

Ilyas, Yaslis., 2004, Perencanaan SDM Rumah Sakit, Teori, Metoda dan Formula, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Bar

Jamilla Upik Noras, Ratu Ayu Dewi Sartika. 2012 Perbandingan Tingkat Kepuasan Kerja Perawat dan Kepuasan Pasien Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 6, No. 5

Sjafri dan Hubeis, 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia Cetakan pertama, Penerbit Ghalia Indonesia.

Maryanto, Pujiyanto dan Setyono. 2013. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Swasta di Demak. Jurnal Managemen Keperawatan . Volume 1, No. 2

Marihot, Tua. 2005. Manajemen Sumberdaya Manusia.: PT. Grasindo Jakarta

Marquis, B.L. & Huston, C.J. 2010. Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan Teori dan Aplikasi, Ed. 4. Jakarta :EGC.

Muninjaya, A. A. G. (1999). Manajemen Kesehatan. Jakarta : EGC

Rageb, M,A., Abd-El-Salam EM, El-Samadicy A,Farid S. 2013. Organizational Commitment, Job Satisfaction and Job Performance as a Mediator between Role Stressors andTurnover Intentions a Study from an Egyptian Cultural Perspective. The Business & Management Review. 3 (2): 51-73.

Rezky. 2010. Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja perawat di RS. Zahira, Depok, Tahun 2010. Tesis Program FKM-UI. Jakarta

Robbins, Stephen P. 2003 Perilaku organisasi, Konsep Kontroversi-Aplikasi. Edisi Bahasa Indonesia Jilid I. Jakarta : PT Prenhalindo

Robbins, S.P, and Timothy A.J. 2007. Organizational Behavior. New Jersey:Pearson prentice hall.

Sethi, Rajesh, 2000. New produck quality and produck development team. Journal of marketing vol 64

Safitri Husnaina Mailisa, Amri, dan M. Shabri. 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kerjasama Tim, Dan Gaya Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kota Sabang. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala banda acehnVolume 2, No. 1

Sunarto dan Sahedhy Noor. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia.: BPFE. UST Yogyakarta

Suarli, S & Bachtiar. 2009. Manajemen Keperawatan dengan Pendekatan Praktik.: Erlanggga Jakarta

Suyoto. 2003. Analisis Hubungan Karakteristik Dan Kepuasan Kerja Dengan Perilaku Kerja (Kemangkiran Dan Keterlambatan) Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Murjani sempit, tesis. Program megister FIK-UI,

Swansburg, R.C (1999) Intoductory Management and Leadership for Nurs. An Interactive. Toronto: Jones and Barleet Publishers.

Tahsinia Nadia. 2013. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di RS. Rumah Sehat Terpadu Parung, Bogor, skripsi manajemen pelayanan kesehatan program studi kesehatan masyarakat fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan universitas islam negeri syarif hidayatullah jakarta

Wiku, A. 2005. Hubungan karakteristik perawat, isi pekerjaan dan lingkungan pekerjaan terhadap kepuasan kerja perawat di instalasi rawat inap RSUD Gunung Jati Cirebon. Jurrnal makara kesehatan vol.9 no.1




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v5i1.686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats