HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Zainul Arifin, Etlida wati

Abstract


Kualitas tidur yang buruk dapat mengakibatkan penurunan konsentrasi belajar. Mahasiswa keperawatan memiliki beban akademik yang berat sehingga dapat menggangu kualitas tidur. Mengetahui hubungan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa Keperawatan UMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan semester I, III, V, & VII yang masih aktif. Jumlah sampel 90 responden dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrument ini menggunakan lembar kuesioner, dan di analisis dengan statistik uji Chi-square. Menunjukkan bahwa sebagian besar responden berumur 20 tahun sebanyak 26 (28,9%), dan rata-rata umur responden 19,64 tahun dengan minimun 18 tahun dan maksimum 22 tahun. Secara statistik terdapat hubungan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar dengan p-value = 0,000. Adanya hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.


Keywords


Konsentrasi Belajar, Kualitas Tidur, Mahasiswa Keperawatan

Full Text:

PDF

References


Asmadi (2008). Teknik Prosedural Keperawatan: Konsep Dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta: Salemba Medika.

Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Keperawatan. Jakarta: Gunung Mulia.

Hakim, T.(2005). Belajar Secara Aktif. Jakarta: Puspa Swara.

Hidayat, A. A. 2014. Metodologi Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika

Nilifda H, Nadjmir, Hardisman. 2016. Hubungan kualitas tidur dengan prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan dokter angkatan 2010 FK Universitas Andalas. J Kes Andalas. 5(1):243-8.

Marpaung, P,M. 2013. Gambaran Lama Tidur Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Vol 1, No 1, hal 543-549

Maas, J.B. (2002). Power Sleep : Kiat-Kiat Sehat untuk Mencapai Kondisi dan Prestasi Puncak. Bandung : Kaifa.

Melawati, L. (2014). Pengaruh Kebisingan Lalu Lintas Terhadap Konsentrasi Belajar yang di Nilai Secara Subjektif pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Medan Belawan. Skripsi Strata Satu, Universitas Sumatra Utara.

Mubarak, wahit Iqbal,. Et. all (2015). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta: Salemba medika.

Olivia, F. (2010). Mendampingi Anak Belajar: Bebaskan Anak Dari Stres dan Depresi Belajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Diakses pada tanggal 30 Desember 2019.

Petersen, L. (2004). Bagaimana Memotivasi Anak Belajar. Jakarta: Grasindo.

Potter dan Perry. (2010). Fundamental keperawatan buku. Edisi 7. Jakarta : Salemba Medika.

Putri, A.A. (2015). Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar dan Indeks Prestasi Mahasiswa Program DIII Kebidanan STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta. STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

Rika Diah, dkk. (2015). Hubungan kualitas tidur dengan tekanan darah dan kemampuan konsentrasi belajar mahasiswa PSIK Universitas Riau. Vol. 2, No 2. Riau.

Robotham, D. , Chakkalackal, L. , Cyhlarova, E., 2011. The impact of sleep on health and wellbeing, Mental Health Foundation. (Http://www. howdicfyousleep.org Diakses pada 04 Januari 2020]

Santrock. (2008). Perkembangan Masa Hidup (Terjemahan Diana Angela). Jakarta: Erlangga.

Saryono. (2011). Metodologi penelitian keperawatan. Purwokerto: UPT. Percetakan dan Penerbitan Universitas Jenderal Soedirman.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sobur A. Psikologi umum. Bandung: Pustaka Setia; 2006

Sofiyya, I. (2015). Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar pada Remaja di Yogyakarta. Diakses pada tanggal 21 September 2019. http://etd.repository.ugm.ac.id.

Taiwo M. William. (2014). Sleep As A Determinant Of Academic Performance Of University Students In Ogun State, South West, Nigeria. Vol. 10, No 13. Journal European Scientific.

Ulimudiin, B.A. (2011). Hubungan Tingkat Stress Dengan Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro. Jurnal : Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v5i3.797

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats