HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMBERIAN MP-ASI PADA BALITA

Yulia Arifin, Putri Nelly Syofiah, Novria Hesti

Abstract


Pemberian Makanan Pendamping ASI akan berkontribusi pada perkembangan optimal seorang anak bila dilakukan secara tepat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi ibu memberikan makanan tambahan antara lain faktor kesehatan bayi, faktor kesehatan ibu, faktor pengetahuan, faktor pendidikan, faktor pekerja, faktor petugas kesehatan, faktor budaya dan faktor ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik ibu dan dukungan keluarga dengan pemberian MP-ASI. Jenis penelitian ini analitik dengan  desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang memiliki balita usia 6-24 bulan. Sampel yang digunakan berjumlah 42 orang, diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpul melalui kuesioner yang telah disediakan dan teknik pengolahan data dengan langkah editing, coding, entry dan cleaning. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat.Hasill penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang bermakna pada tingkat pendidikan ibu, pekerjaan ibu dan pendapatan keluarga dengan pemberian MP-ASI dengan p value 0,006, 0,041, 0,014. Ada hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan pemberian MP-ASI nilai p value 0,001. Kesimpulan penelitian ini, adanya hubungan karakteristik ibu dan dukungan keluarga dengan pemberian MP-ASI. Diharapkan pada semua tenaga kesehatan memberikan informasi yang terbaru kepada ibu secara rutin sehingga ibu memiliki informasi yang jelas tentang pemberian MP-ASI.


Keywords


Karakteristik, Dukungan Keluarga, MP-ASI

Full Text:

PDF

References


Almatsier, S. 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia

Atik. 2010. Breasfeeding and Complementary Feeding Practices in Indonesia, Nutrition and Health Surveillance System Annual Report 2010. Jakarta: Hellen Keller Worlwide

Dinas Kesehatan Kabupaten. 2015. Profil Kesehatan Solok Selatan Tahun 2014.

Fadhilah, S. 2009. Indikator Tumbuh dan perkembangan Bayi dan Balita. Artikel Penelitian

Juliyandari, A. 2017. Hubungan Karakteristik Ibu dan Perilaku Dalam Pemberian MP-ASI Dini Dengan Pertumbuhan Bayi Usia 0-6 Bulan. Jurnal Kesehatan Masyarakat UNDIP. Volume 6 Nomor 4

Kementerian Kesehatan RI. 2017. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016.

Khairunnisa W.S. 2013. Hubungan Karakteristik, Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Pemberian MP-ASI Pada Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Siantan Tengah. Program Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Kumalasari SY, dll. 2015. Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI Dini. Jurnal Penelitian Keperawatan Univ Riau. Volume 2 Nomor 1.

Mariani NN, dll. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian MP-ASI Dini di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Sindang Laut Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang. Volume 7 Nomor 3.

Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Tahun 2013.

Rosnah, dll. 2013. Faktor Pada Perilaku Ibu Dalam Pemberian MP-ASI Anak 6-24 Bulan Di Puskesmas Perumnas Kendari. Jurnal Gizi Dan Dietetik Indonesia. Volume 1 Nomor 1.

Sari DNI, 2014. Hubungan Pemberian Makanan Pendamping ASI dengan Status Gizi Pada Anak Usia 1-2 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Minggir Sleman. Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Aisyiyah Yogyakarta.

Soetjiningsih, dkk. 2015. Tumbuh Kembang Anak. Edisi 2. Jakarta; EGC.

Syerlia D, dll. 2014. Hubungan Pendidikan, Pengetahuan Dan Pekerjaan Ibu Dengan Pemberian MP-ASI Dini Di Desa Bonto Marannu. Media Gizi Pangan. Volume XVIII Edisi 2.

Tiasna, A. 2015. Hubungan Dukungan Keluarga Dalam Pemberian MP-ASI Dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI Dini Pada Bayi Usia 0-6 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Sewon 1 Bantul. Program Studi Bidan Pendidik STIKes Aisyiyah Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v5i3.846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats